Nih, Awkarin Jelaskan Beda Alter Ego dan Kepribadian Ganda, Baca…

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selebriti internet asal Indonesia yang aktif di media sosial, Karin Novilda Sulaiman atau lebih sering disebut Awkarin membeberkan apa itu alter ego dan Dissociative identity disorder (DID), yang sebelumnya dikenal dengan multiple personality disorder atau oleh orang awam disebut kepribadian ganda.

Melalui unggahan di Instagramnya, Senin (20/7/2020) Awkarin menuliskan jika Alter Ego adalah karakter yang diciptakan secara sadar dari apa yang telah lama diidam-idamkan oleh seseorang dan memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibanding sifat utama pada orang tersebut.

Beberapa orang lain juga mengatakan bahwa alter ego adalah sarana mereka untuk menyembunyikan sisi diri mereka yang tidak ingin dilihat orang lain.

Alter Ego sendiri seringkali disalah artikan dengan kepribadian ganda. Lantas apa bedanya alter ego dengan kepribadian ganda?

Dissociative identity disorder (DID), yang sebelumnya dikenal dengan multiple personality disorder atau oleh orang awam disebut kepribadian ganda, adalah kelainan di mana seseorang memiliki lebih dari satu identitas/karakter dalam satu tubuh, dan seringkali lebih dari dua identitas/karakter.

Dan yang membedakan kepribadian ganda dengan Alter Ego adalah, orang dengan kepribadian ganda tidak menyadari perubahan identitas tersebut. Bahkan, saat identitas kembali pada identitas utama (asli), individual tersebut tidak mampu mengingat apa yang terjadi pada dirinya saat kepribadian yang lain sedang mengambil alih.

Setiap orang berpotensi untuk memiliki Alter Ego. Namun terkadang beberapa orang tidak menyadarinya. Alter Ego biasanya digunakan untuk menunjukan identitas yang berbeda kepada muka umum, untuk menunjukan perilaku atau sikap yang aslinya tidak kita miliki.

Namun begitu, Alter Ego tidak selalu berupa kepribadian yang ditampilkan di masyarakat umum. Tapi bisa berupa suara yang muncul untuk diajak diskusi, atau bisa berupa kepribadian yang muncul di saat sedang dibutuhkan, dan juga berupa lawan bicara di saat kesepian.

Beberapa contoh artis yang memiliki Alter Ego adalah;

  1. Miley Cyrus — Hannah Montana
  2. Beyonce Knowles — Sasha Fierce
  3. Nicki Minaj — Roman Zolanski
  4. Eminem — Slim Shady
  5. Joaquin Phoenix — The Bum Rapper
  6. Bahkan, Bella Hadid dengan Alter Ego Rebekka Harajuku.

Bagaimana? Sudah mengertikah kalian mengenai Alter Ego? Apakah kalian memiliki Alter Ego kalian sendiri? (mat)

Loading...