Bintang Laut, Gonggong Tegak dan Ikan Sembilang di Tangan Ibu-ibu Jalasenastri

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) mengadakan pelatihan membatik tulis yang diikuti Pengurus Korcab IV DJA I, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Selasa (11/12/2018).

Ada 30-an peserta pelatihan yang dibimbing Tyas Susilowati, pelaku usaha Batik Bedelau dan Galeri, Exclusive Batik of Melayu Riau Islands. Para peserta juga dipandu 10 pendamping.

Bisa dikatakan, pelatihan ini mengupas A sampai Z tentang batik. Karena peserta diberikan pengetahuan mulai cara membuat pola di sehelai kain, membatik di atas pola sampai dengan pewarnaan dan pengeringan memanfaatkan sinar matahari. Hasilnya adalah sehelai batik tulis yang indah.

Karena kearifan lokal menjadi perhatian setiap daerah, batik yang diajarkan juga tak jauh dari hal tersebut. Sehingga motof yang diajarkan begitu lekat dengan nuansa Melayu. Diantaranya meresam, kupuh sirih, bintang laut, gonggong tegak, kemunting, bunga tanjung dan ikan sembilang.

Ketua Korcab IV DJA I Irmelada R Eko Suyatno mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan membatik kepada ibu-ibu Jalasenastri sekaligus melestarikan kearifan lokal melayu yang dituangkan dalam berbagai motif.

“Dengan mengetahui dan memahami teknik membatik, semoga bisa dikembangkan menjadi produk yang bisa dipasarkan,” harapan Irmelda.

Pelatihan batik ini ditinjau Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno beserta sejumlah Asisten Danlantamal dan Kepala Dinas serta Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Mako Lantamal IV. (mat)

Loading...