Southgate Cerdik, Bola Mati Dibidik

Loading...

Tren kebersamaan membangun tim dengan materi pemain usia muda, dan diseling pemain senior menjadi pilihan pelatih Southgate menangani timnas Inggris.

Bung Chris

Sebagai mantan pelatih timnas U-21 yang sukses, rekrutan pemain pada awalnya banyak mendapat kecaman fans Inggris. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kelolosan ke Piala Dunia, dan penampilan bagus pada fase grup, menjadikan tim berjulukan the three lions mulai dibicarakan sebagai salah satu tim favorit.

Walker-Stones-Maguire sudah makin sehati dalam menjalankan pola yang tidak familiar dengan timnas Inggris sebelumnya. Pelatih Southgate meninggalkan pola 4-4-2  menjadi 3-1-4-2 memberikan hasil yang positif.

Produktifitas Kane dan kawan-kawan cukup bagus, memasukkan 8 gol selama babak penyisihan tergolong produktif.

Hal yang menarik dari Kane dan kawan-kawan, memanfaatkan bola mati menjadi gol sudah dibuktikan. Sepak pojok maupun tendangan bebas, senantiasa mengancam gawang lawan.

Kecepatan Steerling dengan menyusur lewat sayap menjadi awal serangan. Kadang bola lambung dengan pola kick and rush Inggris ikut menyulitkan pertahanan lawan.

Kolombia masih menunggu pulihnya bintang Piala Dunia 2014 yaitu Rodriquez. Pemain klub Munchen tersebut belum sepenuhnya pulih. Dicadangkan saat melawan Jepang, dan diganti saat melawan Polandia, menjadi indikasi Rodriquez belum pulih seutuhnya.

Daya gedor anak asuh pelatih Pekerman masih mengandalkan Falcao sebagai striker, dan winger Cuadrado serta Sanchez. Jika Falcao kurang mendapatkan suplai bola, tidak jarang striker klub Monaco tersebut harus turun sendiri menjemput bola.

Inggris jelas akan memaksimalkan kemenangan lewat waktu normal. Eksekusi penalti lebih banyak kalah dan sering melengserkan Inggris untuk maju ke babak selanjutnya.

Permainan keras Kolombia sangat menguntungkan bagi Kane dan kawan–kawan. Di sinilah munculnya set piece yang bisa dimaksimalkan menjadi sebuah gol.

Kolombia tentu tidak akan menyerah, wakil Amerika Latin tinggal semata wayang (Brasil), jika Falcao dan kawan-kawan harus angkat koper. (*)

Prakiraan susunan pemain:

Kolombia: David Ospina; Santiago Arias, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Johan Mojica; Carlos Sanchez, Mateus Uribe; Juan Cuadrado, Juan Quintero, Luis Muriel; Falcao

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane

Loading...