Selain Berkebun, Rahma Ajak Warga Ternak Lele di Lahan Kosong

Loading...

Suarasiber.com – Lahan kosong yang dibiarkan begitu saja sangat disayangkan. Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP mengajak warga jeli memanfaatkannya.

Selain untuk berkebun, seperti dilakukan sebuah kelompok tani yang beberapa waktu lalu panen jagung, Rahma juga menyebut peternakan lele. Salah satu inovasi dan kreasi yang dilakukan adalah memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah menjadi tempat peternakan ikan lele.

Rahma mengakui kagum atas inovasi dan kreativitas seorang warga di Kelurahan Kampung Baru yang mampu menyulap lahan kosong untuk beternak lele.

Ia mengunjungi kediaman warga tersebut sekaligus menyaksikan betapa lele hasil ternaknya bisa dijual, Minggu (26/9/2021).

“Yang dikembangkan Bapak Bono membuat saya salut. Saya berharap segera dibentuk kelompok dasawisma agar dapat memberikan efek positif dari peternakan ikan lele ini,” ujar Rahma.

Menurutnya, ada tiga aspek penting yang dihasilkan dalam budidaya ini. Yang pertama, mampu memberdayakan masyarakat, menyehatkan kembali ekonomi ditengah pandemi. Serta membantu peran pemerintah dalam mensosialisasikan gemar makan ikan untuk tumbuh kembang dan kecerdasan bagi anak maupun orang dewasa.

”Harapan saya ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan dasawisma atau kelompok lainnya, agar dapat memacu potensinya dalam mengembangkan masing-masing daerahnya, apalagi dimasa pandemi ini harus melakukan inovasi dan kreasi agar dapat memulihkan ekonomi keluarga,” katanya.

Dijelaskannya, jika ada kelompok atau Dasawisma yang tersebar di segala kecamatan tidak hanya fokus pada peternakan ikan maupun menanam tanaman, tetapi banyak sekali aspek yang harus ditonjolkan agar pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan intensif.

”Contohnya seperti di sini, bisa dikatakan Kelurahan Kampung Baru ini cukup kompleks dan padat penduduk, dengan inovasi yang dimiliki oleh masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong untuk ternak lele yang menggunakan terpal, tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan sudah didesain yang menarik, tentu jika ini dikembangkan maka akan menjadi nilai tambah ekonomi,” jelasnya.

Pada hari itu, Bono melakukan panen perdana di kolam lelenya. Sudah 3 bulan ia memeliharanya.

Kolam warga ini mampu menampung 6.000 lele siap panen. Saat melakukan panen perdana ini, Walikota turut didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Samsudi SSos MH; Kepala DP3 Kota Tanjungpinang, Yoni Fandri ST; Camat Tanjungpinang Barat, Hj Yenni Haryantie SSos; Lurah Kampung Baru, Rohmanta SSos dan Forum RT/RW Kelurahan Kampung Baru. (man)

Loading...