Rahma Ajak Masyarakat Berkebun di Lahan Kosong

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP mengajak warga untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah sebagai lahan berkebun.

Saat memerima undangan panen perdana jagung di Jalan Senggarang, Kamis (2/9/2021) Wali Kota melihat manfaat yang bisa diperoleh warga dengan berkebun.

Panen jagung ini dilakukan oleh Kelompok Tani Maju Sejati dengan memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanam. Panen perdana ini menghasilkan jagung sekitar 5 ton.

“Meskipun lahan untuk menanam jagung bukan milik sendiri, melainkan dipinjamkan untuk warga sekitar dan petani untuk dimanfaatkan, kita harus tatap bersyukur karena dapat dimanfaatkan dan menghasilkan, meski ada batasan waktu,” ungkap Rahma.

Ia berharap pengelolaan lahan kosong dengan baik dan benar dapat berperan besar dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang saat masa pandemi Covid-19.

Rahma semakin bangga dengan para petani yang tergabung dalam kelompok tani. Pasalnya lahan yang dijadikan kebun jagung mengandung bauskit.

Namun anggota kelompok tani tak menyerah dengan kondisi alam itu. Mereka penuh semangat belajar untuk “menaklukkan” kekurangan tadi menjadi nilai tambah.

Alhasil tanah yang diolah dengan teknik yang telah dipelajari pun menjadi subur dan jagung yang ditanam berbuah dengan baik.

Rahma pun memberi masukan, kalau memang memungkinkan para petani harus bisa menanam komoditi selain jagung.

Selain untuk mendukung ketahanan pangan juga bisa menghasilkan berbagai kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Semoga rezeki hari ini bisa membawa keberkahan dan manfaat untuk bapak ibu,” doa Rahma.

Seperti kebaiasaannya blusukan, kali ini Rahma juga berialog dengan para petani untuk mendengarkan keluh kesah yang mereka alamai.

Pada kesempatan ini Rahma didampingi Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Yoni Fadri ST; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Riono M.Si; serta Camat dan Lurah setempat.

Kepada para petani yang ulet dan semengat mengolah lahan kosong, Rahma juga memberikan bantuan sembako yang diterima dengan rasa bersyukur oleh para anggota Maju Sejati. (ztr)

Loading...