Sawah dan Padi di Pulau Dompak Instagramable, Ansar: Jadikan Kawasan Wisata Agro

Loading...

Suarasiber.com – Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendukung program penanaman padi di Pulau Dompak oleh Rutan Kelas IA Tanjungpinang.

Bahkan, Ansar meminta volume lahannya diperluas. Tentunya sebelum perluasan dilakukan lagi kajian yang lebih dalam.

Untuk menjamin hasil panen yang baik dan berkelanjutan. Tak hanya padi, tapi juga tanaman perkebunan lainnya.

Dukungan ini disampaikan karena kawasan Dompak akan dikembangkan secara khusus.

“Jika ini dioptimalkan mungkin bisa dijadikan kawasan wisata agro,” kata Ansar Ahmad di acara panen padi perdana di Pulau Dompak, Minggu (16/12/2023) pagi.

Padi tersebur ditanam di lahan sarana asimilasi dan edukasi Rutan kelas I A Tanjungpinang. Lahan ini dihibahkan Pemprov Kepri dengan luas sekitar 2 hektare (Ha).

Seperti umumnya kondisi tanah di Pulau Dompak, lahan tersebut juga berbatu bauksit dan gersang yang sekitarnya ditumbuhi pohon bakau.

Terkesan mustahil ditanam tanaman hortikultura, apalagi padi.

Namun di tangan Rutan Kelas I A Tanjungpinang yang berkolaborasi dengan Ady Indra Pawennari, pengusaha nasional yang juga pengurus PWI Kepri 2023 – 2028, lahan itu bisa menjadi sawah subur untuk padi. Yang panen perdananya dilaksanakan Ansar Ahmad.

Sentuhan Ady di lahan tandus berbatu tersebut membuat warga binaan Rutan Tanjungpinang bisa menanam padi

Selain padi, warga binaan juga menanam tanaman perkebunan lainnya. Seperti anggur, matoa dan ke depannya akan ditanam durian.

Instagramable

Program tersebut sejalan dengan keinginan Ansar Ahmad, agar ke depannya lokasi itu menjadi kawasan agro wisata.

Saat ini saja lokasi persawahan olahan warga binaan Rutan Tanjungpinang sudah menjadi sasaran kunjungan warga Tanjungpinang. Bahkan, ada yang datang khusus dari Tanjunguban, Bintan.

Sebagaimana disampaikan Eri Eriawan selaku kepala Rutan kelas IA Tanjungpinang dalam perbincangan dengan suarasiber.com.

Pandangan sawah dengan padi menguning memang instagramable. Selain eye cathing (menggelitik mata). Yang otomatis menjadi spot foto baru di Pulau Dompak.

“Mereka (wisatawan lokal) datang memang untuk berfoto atau mengambil video,” ujar Eri, yang terlihat semringah.

Wajar Eri semringah karena warga binaannya sukses menanam padi. Dan langsung dipanen oleh Gubernur Provinsi Kepri. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...