413 Atlet RI Dikirimkan ke Asian Games 2022 Hangzhou, Targetkan 12 Medali Emas

Loading...

JAKRTA (suarasiber.com) – Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou, Basuki Hadimuljono menyampaikan akan menjaga semangat kebersamaan atlet untuk mewujudkan target Indonesia di ajang Asian Games 2022 Hangzhou.

Terdapat sebanyak 413 atlet yang dikirimkan ke Asian Games 2022 Hangzhou kali ini. Adapun untuk target medali pada Asian Games 2022, Indonesia memasang target 12 medali emas dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi 12 besar.

Target tersebut jauh di bawah prestasi Indonesia ketika menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 yang saat itu berada di peringkat empat dengan mengoleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 42 perunggu. Penurunan target tersebut terjadi karena tidak dipertandingkannya sejumlah cabang unggulan kontingen Merah Putih di Hangzhou, seperti cabang pencak silat.

“Saya adalah petugas yang diberi amanah oleh Menpora dan Ketum NOC, yang penting saya kan menjaga semangat kebersamaan kepada semua atlet agar mereka bisa berjuang maksimal dalam setiap pertandingan,” Ujar Basuki yang juga sebagai Menteri PUPR.

Cabang-cabang olahraga yang mewakili Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

“Sejak tanggal 16 September 2022 sebagian anggota Kontingen telah diberangkatkan, yaitu sebanyak 5 cabor (seperti cricket, football, beach volleyball, indoor volleyball, modern pentathlon) sementara 8 cabor lainnya sudah sebelumnya mendahului untuk mengikuti traning center di luar negeri, termasuk di RRT, (seperti rowing, canoe, judo, taekwondo, wushu, atletik, cycling BMX, dan archery). Malam ini akan diberangkatkan cabor hockey, sehingga masih ada 23 cabor lagi yang belum berangkat,” kata Basuki, melansir kemenpora.go.id

Kontingen Merah Putih pada Selasa mengawali perjuangan dalam ajang Asian Games 2022 Hangzhou lewat sejumlah pertandingan di cabang kriket, bola voli pantai, bola voli putra, dan sepak bola putra. “Kita semua berdoa agar Indonesia bisa mencapai target dan bisa berjaya di Asian Games 2022 Hangzhou,” kata CdM Basuki. (amr/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...