free page hit counter

Kata Luhut, 500 TKA Ciptakan 5.000 Tenaga Kerja Ahli, Bukan Tukang Pacul

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang datang ke Indonesia tak lagi dipersoalkan.

Kata Luhut, kehadiran TKA terkait dengan pengembangan proyek hilirisasi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Luhut secara virtual dalam acara bincang Investasi di Tengah Pandemi secara virtual, Sabtu (25/7/2020).

“Semua hanya bicara tenaga kerja asing, kemarin datang 500 TKA. Anda tahu 500 ini ciptakan 5.000 tenaga kerja ahli, bukan tukang pacul,” kata Luhut.

Dengan cadangan nikel ore terbesar di dunia, juga dengan kualitas terbaik, Indonesia memang perlu mengembangkan hilirisasi.

Dari bahan tersebut bisa dihasilkan lithium baterai untuk mobil listrik. Pada tahun 2030, Eropa sepakat menggunakan mobil listrik.

Jika masih ada yang ribut-ribut soal TKA asal China, Luhut meminta mereka datang dan melihat langsung ke lokasi pengembangan.

Dilansir dari detik.com, Plt Dirjen Binapenta dan PKK Kemenaker, Aris Wahyudi mengatakan pemerintah bakal deportasi TKA China yang berada di Konawe, Sulawesi Tenggara jika melanggar ketentuan yang berlaku.

Dijelaskannya, mereka bekerja jangka pendek, dengan waktu maksimum kerja enam bulan. Tidak boleh lebih, kalau melanggar sanksinya langsung dideportasi. (mat)

Loading...