Satu Lagi Bendungan Dibangun di NTT, Warganet: Gilak NTT Bendungannya Banyak Banget!

Loading...

Suarasiber.com – Kemeterian PUPR tengah menyelesaikan sebuah bendungan lagi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Bendungan Mbay.

Jika bendungan yang dibangun di Kabupaten Nagekeo ini selesai, maka NTT akan memiliki 9 bendungan. Jumlah yang paling banyak di antara provinsi lain yang hanya dua atau tiga bendungan.

Melansir dari Instagram Kementerian PUPR, Senin (3/7/2023), hingga 14 Juni 2023, progres konstruksi Bendungan Mbay sudah 16,01% dan ditargetkan selesai akhir 2024.

Bendungan Mbay berlokasi di Desa Rendubutowe, Kecamatan Aesesa Selatan, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Kabupaten Nagekeo. Bendungan ini memiliki luas genangan 499,55 hektare yang bersumber dari Sungai Aesesa.

Pembangunan Bendungan Mbay dimulai sejak 2021 melalui 2 paket pekerjaan.

Paket I dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk – Bumi Indah (KSO) dengan progres kontruksi 16,28%, sedangkan Paket II oleh PT Brantas Abipraya dengan progres 15,73%. Selaku Manajemen Konstruksi dikerjakan oleh PT Indra Karya – Rancang Semesta – Sabana (KSO).

Bendungan Mbay memiliki fungsi utama sebagai pengairan irigasi di Kabupaten Nagekeo, di mana komoditas unggulannya seperti padi dan palawija yang membutuhkan sumber air irigasi. Dengan kapasitas tampung sebesar 51,74 juta m3, Bendungan Mbay diproyeksikan untuk pengembangan dan peningkatan Daerah Irigasi (DI) Mbay Kanan dan Kiri seluas 5.898 hektare.

Bendungan ini juga memiliki manfaat lain untuk mendukung kebutuhan air baku di Nagekeo sebesar 205 liter/detik dan mengurangi debit banjir Sungai Aesesa sebesar 283,33 m3/detik. Pembangunan Bendungan Mbay menambah jumlah tampungan air yang dibangun Kementerian PUPR dalam mendukung ketahanan pangan dan air di Provinsi NTT.

Mengutip kompas.com, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT yang memiliki curah hujan lebih rendah jika dibandingkan dengan daerah lain.
“Pembangunan bendungan juga harus diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujarnya.

Banyaknya bendungan yang dibangun di NTT pun mendapatkan apresiasi warganet. Dilihat di Instagram tadi, sejumlah komentar posifit di antaranya:

“Gilak NTT bendungannya banyak banget,” tulis warganet.

Yang lainnya menulis begini, “Semoga Bendungan Mbay Paket 1 bisa selesai tepat waktu dan tepat mutu ya min.” (***/zainal)

Editor Ady Indra P

Loading...