Bupati dan Wakil Bupati Karimun Serahkan Hewan Kurban Idul Adha 1444 H

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si menyerahkan hewan kurban berupa 3 ekor sapi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karimun dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H.

Penyerahan dilaksanakan di ruang terbuka hijau Kantor Dinas PUPR Karimun, Jumat (30/6/2023).

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun Cahyo Prayitno ST mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi dari karyawan dan karyawati yang telah berkontribusi dalam kegiatan kurban tahun ini.

Memaknai kurban ia menjelaskan momen perayaan Idul Adha identik dengan ibadah kurban atau menyembelih hewan ternak sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Di balik kurban, ada makna mendalam yang dapat dipetik oleh setiap muslim.

Inilah sapi sapi yang diserahkan Bupati Aunur untuk disembelih.

“Kurban mengajarkan dua hal kepada manusia. Pertama, bahwa momen kurban adalah waktu yang tepat sebagai seorang muslim untuk berbagi. Kedua, adanya aspek transendensi yaitu aspek kesucian,” kata Aunur Rafiq saat memberikan sambutan sekaligus menyerahkan sapi kurban kepada panitia.

Untuk itu ia berharap agar ke depan program Qurban tahun ini bisa terus dilakukan. “Jangan dipandang dari besar dan nilainya tapi jadi silaturahmi dan bentuk kepedulian bagi peningkatan iman jemaah. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun Cahyo Prayitno ST MM menambahkan, pemotongan hewan kurban ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT karena Dinas PUPR tahun ini masih bisa memotong hewan kurban yang dagingnya diberikan kepada orang yang berhak menerimanya.

Foto bersama usai penyerahan hewan kurban.

“Ini adalah wujud syukur kami di hari raya Idul Adha bisa berbagi dan semoga makna dari Idul Adha kita bisa menghilangkan sifat hewani yang mengedepankan nafsu semata. Sifat hewani yang ada pada diri kita cenderung membuat kita bersikat seperti hewan yang hanya mengedepankan nafsu semata,” kata Cahyo.

Cahyo mengatakan, manusia sebagai khalifah di muka bumi pada dasarnya memiliki derajat yang lebih tinggi dari hewan. Akan tetapi, lanjutnya, jika sifat hewani tidak dihapus dan dibiarkan begitu saja maka manusia bisa lebih rendah dari hewan.

“Oleh karena itu, maka pada momentum Hari Raya Idul Adha ini, mari kita jadikan momentum evaluasi diri agar senantiasa kita terus menjadi lebih baik dari saat ini dalam banyak hal,” katanya.

Wakil Bupati Anwar Hasyim menyerahkan hewan kurban untuk disembelih, 29 Juni 2023.

Ketua panitia kurban Oli, menyebutkan bahwa hewan kurban yang disembelih akan dibagikan kepada kaum duafa, panitia, dan karyawan dan karyawati serta non pegawai di lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun

Ia menyebutkan bahwa program kurban tersebut merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh dinas PUPR Karimun.

“Setiap tahun kita adakan penyembelihan kurban kebetulan tahun ini ada 3 hewan kurban yang terkumpul itu sapi dan 2 ekor kambing,” tutur Oli.

Wakil Bupati Anwar Hasyim menyerahkan hewan kurban untuk disembelih, 29 Juni 2023.

Sementara itu, sehari sebelumnya Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan sapi dari Bupati Aunur Rafiq untuk disembelih di Hari Raya Idul Adha kepada panitia kurban Masjid Agung usai salat id, Kamis (29/6/2023).

Wabup Karimun menyerahkan satu ekor sapi dari Bupati Aunur Rafiq untuk disembelih bersama hewan kurban lain di masjid tersebut. Total, Masjid Agung Karimun pada tahun ini menyembelih dua ekor sapi dan satu kambing.

Usai pembelihan, daging yang dihasilkan dari hewan kurban tersebut langsung dibagikan kepada warga yang telah mendapatkan kupon dari panitia kurban.

Wakil Bupati Anwar Hasyim menyerahkan hewan kurban untuk disembelih, 29 Juni 2023.

Wakil bupati, dalam kesempatan itu mengajak masyarakat yang memiliki kemampuan dan kelebihan rezeki untuk berkurban.

“Untuk tahun depan, mengimbau melalui lembaga atau badan, apakah itu lurah, RT/RW untuk mengajak warganya yang berkemampuan untuk berkurban, sehingga jumlah hewan kurban meningkat,” katanya.

Dia juga mengimbau para pegawai di lingkungan Pemkab Karimun berkurban.

“Misalnya 1 bulan Rp400 ribu satu pegawai, 10 bulan ke depan sudah dapat seekor sapi, itu baru tujuh pegawai. Pegawai kita kan banyak,” katanya. (suradi)

Foto – Diskominfo Karimun

Loading...