Bupati Karimun Aunus Rafiq Lepas Peserta Festival Kendaraan Hias Sambut Idul Fitri 1444 H

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq melepas peserta festival kendaraan hias di Coastal Area, 21 April 2023 malam.

Festival ini dilaksanakan setelah pemerintah mengumumkan jatuhnya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah pada tanggal 22 April 2023.

Bupati Karimun Aunur Rafoq dan sejumlah pejabat Pemkab serta Forkopimda tiba di lokasi.

Pelepasan dilaksanakan di panggung rakyat yang selama ini memang sering menjadi lokasi kegiatan dengan melibatkan banyak massa atau kerumunan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim dan Sekda M Firmansyah.

Festival Kendaraan Hias atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pawai Kereta Hias ini merupakan agenda rutin yang diprakarsai oleh Pemkab Karimun di setiap tahun pada malam terakhir di bulan Ramadan.

Peserta pertama ialah kendaraan hias dari Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq dengan didampingi Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim beserta jajaran Pemkab Karimun.

Peserta menghias kendaraannya semaksimal mungkin untuk mencuri hati juri yang menilainya.

Prosesi diawali dengan pemukulan beduk yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan peserta Festival Kendaraan Hias dari Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karimun dengan nomor urut 1.

Foto bersama usai pelepasan peserta festival kendaraan hias.

Sebanyak 27 peserta kendaraan hias menghiasi panggung rakyat puteri kemuning coastal area yang terdiri dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kabupaten Karimun, Koramil 01 Tanjung Balai Karimun, bebagai penjuru Masjid, Musala, dan Surau di Tanjung Balai Karimun.

Pasa peserta mengangkat berbagai macam tema Idul Fitri 1444 Hijirah.

Saling mengucapkan selamat atas suksesnya kegiatan.

Rute perjalanan kendaraan hias tahun ini dimulai dari depan Gedung KECC (Karimun Exhibition Convention Centre) menuju RM Sederhana – Kantor Polsek Karimun – JI. Nusantara – Kolong – Jl. A. Yani Meral – TMK-Sei.Raya – Parit Benut – Simpang Empat Mutiara – Simpang Jelutung Darussalam – Simpang GOR – Bati – PN- Tebing Sei Ayam Lubuk Semut – Teluk Air – Simpang Masjid Baiturahman – Belok Kiri Tugu MTQ – Terkahir kembali ke Panggung Sri Kemuning.

Saling mengucapkan selamat atas suksesnya kegiatan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengimbau kepada pengendara roda bisa menjaga keamanan dalam berlalu lintas di jalan raya.

Saling mengucapkan selamat atas suksesnya kegiatan.

“Jangan kebut-kebutan. Jika melakukan eforia yang berlebihan, dapat menghilangkan syiar-syiar Islam pada hari kemenangan,” pesannya.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Kabupaten Karimun, Baginda Malin Siregar menyebutkan sejumlah kritetia penilaian yang ditetapkan oleh Panitia Penyelenggara.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim dan Sekda M Firmansyah duduk kursi kehormatan.

“Kritetia penilaian kendaraan hias di antaranya makna tema harus mempunyai korelasi dengan tampilan, kreasi dengan menggunakan peralatan pendukung seperti beduk dan kompang. Selain itu, kendaraan hias peserta yang digunakan adalah kendaraan kelas III (roda 6) dan pick up. Tinggi hiasan kendaraan hias dari tanah maksimal 4 meter. Jumlah personil festival maksimal 10 orang dan tidak melibatkan anak-anak dibawah umur, peserta menggunakan pakaian muslim,” jelasnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim dan Sekda M Firmansyah serta pejabat lainnya duduk kursi kehormatan.

Baginda juga menyebutkan, total hadiah berupa uang pembinaan festival kendaraan hias malam takbir Idul Fitri 1444 H Rp31.900.000.

“Peserta terbaik 1 menerima sebesar Rp9 juta, terbaik 2 Rp8 juta, terbaik 3 Rp7 juta. Peserta terbaik harapan 1 Rp6 juta, harapan 2 Rp5,5 juta dan harapan 3 Rp4,5 juta,” terangnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri, M.Si membacakan doa.

Kepala Kankemenag Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri, M.Si juga menghadiri kegiatan ini dan membacakan doa. (***/suradi)

Editor Yusfreyendi; Foto – diskominfo karimun

Loading...