Ini Opsi Penyelenggaraan F1 di Lagoi, Jika Sirkuitnya Sudah Jadi

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), tengah getol membahas pembangunan sirkuit Formula One (F1) di Lagoi, Bintan.

Tak hanya soal rencana pembangunan sirkuit itu, tapi juga opsi penyelenggaraan event F1 di sirkuit itu nantinya.

Bamsoet mengatakan terdapat dua opsi penyelenggaraan F1 di Bintan. Pertama, bekerja sama dengan penyelenggara F1 langsung.

Kedua, bekerja sama dengan Singapura yang memiliki kerja sama langsung dengan F1. Untuk menarik (memindahkan) pagelaran balap F1 di Singapura ke Bintan.

“Komunikasi kita selama ini ke manager F1 cukup lancar, kita sudah menyampaikan kemungkinan besar peluang F1 di Indonesia.

Opsi kedua bekerjasama dengan Singapura. Karena jika tetap diselenggarakan di Singapura, seperti beberapa tahun terakhir memang cukup sulit bagi pemerintah Singapura.

Menimbang harus merusak aspal, menutup jalan dengan biaya besar karena merupakan street circuit,” kata Bamsoet, usai rapat teknis percepatan pembangunan sirkuit F1 di Bintan dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kamis (24/3/2022) di Jakarta.

Bamsoet menambahkan, pradesain sirkuit oleh Andrew James dari Konsultan Populous telah selesai. Desain ini akan diserahkan kepada Hermann Tilke, arsitek sirkuit asal Jerman kepercayaan F1.

“Supaya nanti langsung memenuhi standar internasional dan pastinya akan melalui standar kelayakan sirkuit ini untuk menyelenggarakan F1,”  ucap Bamsoet.

Event F1 tahun ini menggelar 22 seri. Salah satunya di Singapura yang dari kalender F1 dijadwal dilaksanakan 30 September – 2 Oktober 2022.

Singapore F1 ini digelar kembali, setelah dua tahun absen karena berbagai persoalan. Seperti pandemi Covid-19 dan waktu persiapan yang sempit akibat dampak virus itu. (eko)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...