Yankson AI, Rocker Bersuara Melengking Asal Pekanbaru Berpulang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ingat lagu Rindu Samoai Mati atan Cinta Bulan Desember yang dinyanyikan Ita Purnamasari? Vokalis pria yang menjadi teman duet Ita dalam kedua lagu tersebut, Yankson Al, meninggal dunia, Kamis (30/4/2020).

Kabar duka ini dibaca suarasiber.com dari Facebook Kenangan Rocks. Yankson AI memiliki nama asli Achmad Ilahi bin Sono, lahir di Kota Pekanbaru, Riau, pada tanggal 15 Maret 1962.
Saat masih SMP, Yankson AI sudah menyukai musik dengan genre rock dan metal. Hingga SMA keinginannya untuk menjadi musisi terkenal masih kuat.

Meski sempat ditentang kedua orang tuanya, selepas SMA Yankson nekad merantau ke Jakarta untuk mewujudkan cita-citanya. Keputusan ini diambilnya karena waktu itu belum banyak yang menyukai musik keras.

Pada tahun 1981 Yankson tiba di Jakarta. Namun harapannya terbentur dengan kerasnya kehidupan di Jakarta. Untuk menyambung hidup ia bahkan harus mengamen di jalan.

Pada suatu kesempatan, istri Rhoma Irama yang bernbama Ricca Rachim terkesima dengan suara Yankson dan menjembataninya bergabung dengan sebuah grup musik metal asal Jakarta, Jet Liar.

Adik Ricca Rachim, Iwan Xaverius kebetulan bermain di Jet Liar sebagai basis. Belakangan Iwan Xaverius pindah ke Edane, bertemu dengan Eet Syahrani.

Yankson lalu belajar main giter di Vini Vici. Bersama Yankson, Jet Liar berhasil menang di beberapa acara festival musik rock dan metal yg diadakan di Jakarta era 80-an.

Yankson bahkan sempat menyabet penghargaan sebagai The Best Rock Vocalist versi majalah Vista tahun 1986 dan The Best Heavy Metall Vocalist setahun kemudian 1987.

Yakson AI dengan baju gamisnya bernostalgia menyanyikan Rindu Sampai Mati bersama Ita Purnamasari di sebuah televisi swasta. Foto – youtube/tonihgtshownet

Lengkingan suara Yankson pun membuat pentolan SAS Grup, Arthur Kaunang tertarik dan mengajarinya musik di studio Billboard Indonesia tahun 1988.

Tak lama kemudian, Yankson AI memutuskan keluar dari Jet Liar dan merilis album perdana berjudul AIDS dan Ular Betina, lalu duet dengan Ita Purnamasari.

Setelah itu lama tak terdengar kabarnya. Hingga kemudian ia dikabarkan hijrah dari dunia musik ke kehidupan yang religius.

Penelusuran suarasiber.com, Ita Purnamasari dan Yankson AI kembali dipertemukan di sebuah acara televisi Tonight Show NET, 23 Juli 2019.

Dilihat dari kanal YouTube TonightShowNet, di acara tersebut Ita dan Yankson kembali menyanyikan lagu Rindu Sampai Mati, di mana Yankson mengenakan baju gamis. Namun sisa suaranya masih tedengar gahar.

Selamat jalan Yankson. (man)

Loading...