Sekda Kepri Perintahkan BLT Secepatnya Disalurkan ke Warga Terdampak Covid-19

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sekretarais Daerah Pemprov Kepri yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 H TS Arif Fadilah meminta agar Bantuan Langsung TUnai (BLT) segera disalurkan.

“Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini agar fungsi dan berjalan semestinya, secepatnya segera disalurkan ke warga warga kita yang sangat memerlukan yang terkena dampak ini,” pesan Arif.

Ia mengatakannya saat Pembukaan Rakor Evaluasi dan Percepatan Dana Desa Tahap II Tahun 2020 dan Sosialisasi PMK No 40/PMK.07/2020 Se-Provinsi Kepri lewat Video Confrence di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Kamis (30/4/2020).

Ia pun mengimbau kepada kepala daerah agar seluruh masyarakat di wilayahnya untuk mengikuti protokol-protokol kesehatan Surat Edaran Menteri Kesehatan dan Instruksi Gubernur Kepulauan Riau.

Selain itu disampaikannya agar mengalokasikan pendanaan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) untuk penanggulangan keadaan darurat dan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Arif, pihat terkait diminta untuk memberi saran kepada kepala desa dalam pelaksanaan pemerintahan desa untuk pos belanja sub bidang keadaan darurat pada bidang penanggulangan bencana keadaan darurat dan mendesak desa untuk penanganan wabah tersebut.

“Pembiayaan ini agar nantinya kita dapat digunakan dengan kejadian yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya, seperti sekarang ini dan mengagendakan kegiatan yang bersifat rekontruksi dan rehabilitasi pasca bencana,” kata Arif.

Tak lupa Arif pun mengajak semua untuk bahu membahu dan bekerjasama dalam melawan Covid – 19 ini. Kerja sama yang baik antara Pemerintah dan segenap elemen masyarakat akan membuat Kepri kuat dan bisa melewati masa-masa sulit ini. (mat/man)

Loading...