Komjen Arief: Ciptakan Polisi Pembangun Peradaban dengan Mendidiknya sebagai Polisi yang Beradab

Loading...

JAMBI (suarasiber) – Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto MSi, terus memotivasi para pendidik di lembaga ini dan peserta didik dari berbagai tingkatan di kepolisian.

Hal ini juga dilakukannya saat berkunjung ke SPN Polda Jambi, Jumat (6/3/2020). Dalam kunjungan kerjanya ini, Arief
didampingi oleh Karo Jianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Pujiono Dulrachman, MH, Kabaglog Kombes Pol Hery Sasongko SIK dan Kabag Infotek Kombes Pol Sonny Irawan SIK MH.

Di SPN Polda Jambi, Arief memeriksa ruang smart class, ruang kelas belajar. Disampaikannya, kedatangannya adalah upaya memperhatikan apa kekurangan dari personel di SPN Polda Jambi.

Hal lain juga disampaikan, seorang guru harus memiliki kewibawaan dari dalam diri, pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Kemudian harus menjadi teladan kepada siswa, karena setiap apa yang kita lakukan akan dilihat oleh siswa. Di sisi lain fasilitas belajar mengajar yang digunakan oleh tenaga pendidik untuk mengajar menjadi semangat bagi peserta didik.

Karena fasilitas juga mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar.

“Kita juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Apabila, suatu saat pimpinan menyetujui modernisasi seluruh fasilitas tenaga pendidikan di seluruh lembaga pendidikan.

Tujuannya, begitu ada peralatan kita dapat mengoperasionalkannya. Ini adalah upaya membangun perabadan, mengubah perilaku lama menjadi perilaku baru yang lebih baik,” kata Arief.

Ditambahkannya, bagaimana seorang polisi dapat membangun peradaban, kalau dia tidak dididik dulu menjadi polisi yang beradab.

“Sehingga kita harus mendidik polisi agar dia menjadi orang yang tertib dan berintegritas, karena itu menjadi modal dia membangun peradaban,” ujar Arief.

Arief, menegaskan, “Mari kita bawa pesawat Lemdiklat ini untuk bisa terbang jauh tinggi. Sehingga kita bisa menghasilkan polisi yang baik. Hasilnya adalah Polri akan menjadi lebih baik.”

Sadar atau tidak, ujar Arief, kitalah para tenaga pendidik, para instruktur yang membangun polisi ini. Oleh karena itu para pendidik harus bangga, tetap semangat walaupun di lembaga pendidikan. (mat)

Loading...