UN SMP di Bintan, 2 Sekolah Sempat Padam Listrik

Loading...

BINTAN (suarasiber) – UN SMP sedarajat dilaksanakan di Bintan. Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), Bupati dan Wakil Bupati Bintan memberikan semangat kepada para siswa.

Bupati Bintan meninjau UN di SMPN 3 dan SMPN 1 Bintan Timur, Senin (22/4/2019). Sementara Wakilnya, Dalmasri Syam ke di SMP Negeri 5 Bintan di Kawal (Gunung Kijang) dan SMP Negeri 17 Bintan di Gesek (Toapaya).

UN tingkat SMP/MTs tahun 2019 dilaksanakan sampai Kamis (25/4).

Dalam pelaksanaannya, dua sekolah sempat mengalami padam listrik. Namun segera teratasi. Meski dengan fasilitas internet satelit VSAT, UNBK yang dilakukan di sekolah pesisir juga tak ada kendala berarti.

Pada kesempatan lain, Wakil Bupati Bintan meminta agar siswa-siswi SMP/MTs bersikap tenang saat mengerjakan soal. hendaknya setiap soal dibaca sungguh-sungguh dengan tenang dan tidak gusar.

“Dari laporan guru dan kesiapan mental anak-anak, sepertinya tak ada masalah,” terang Dalmasri.

Menurutnya, semua sudah siap mengikuti UN. Tinggal doa dan peran orangtua untuk mengawasi aktivitas anak-nya selama ujian berlangsung.

“Semoga kelulusan Bintan berada di peringkat teratas lagi,” demikian diharapkan Dalmasri Syam.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, menjelaskan jika pada tahun 2019 ini peserta UN SMP/MTs 2.423 siswa. Jumlah ini terdiri dari 2.194 siswa SMP dan 229 orang siswa MTs.

“Semuanya 41 sekolah yang melaksanakan ujian nasional di Bintan,” sebut Tamsir.

Dari 41 sekolah itu, Tamsir menerangkan, 26 sekolah melaksanakan UNBK. Sementara 15 sekolah lain mengikuti UNKP.

Tahun 2019 ini, ada 26 sekolah yang mengikuti UNBK, bertambah dibandingkan 2018 yang hanya 11 sekolah.

Ke-26 sekolah yang melaksanakan UNBK itu terdiri dari 19 SMP dan 7 MTs. Kemudian, 16 sekolah (15 SMP dan 1 MTs) sudah mandiri. Sedangkan 10 sekolah (2 SMP dan 6 MTs) masih menumpang. Sedangkan 15 sekolah yang melaksanakan UNKP, terdiri dari 13 SMP dan 2 MTs.

Jumlah siswa yang melaksanakan UNBK tingkat SMP/MTs tahun ini sebanyak 1.866 siswa, terdiri dari 950 perempuan dan 916 laki-laki. Sedangkan yang melaksanakan UNKP sebanyak 557 orang siswa, terdiri dari 274 perempuan dan 283 laki-laki. Total 2.423 siswa.

“Hari pertama UN, ada dua sekolah yang sempat mati listrik. Yaitu di SMPN 3 dan SMPN 4 Bintan. Tapi tidak berselang lama, listriknya hidup lagi. UN tetap lancar,” jelas Tamsir, kemarin.

Berdasarkan data, sekolah yang masih memanfaatkan VSAT antara lain SMPN 10 di Berakit, SMPN 20 di Pulau Pucung, SMPN 8 dan SMP 24 di Teluksebong. (mat)

Loading...