free page hit counter

Kedutaan Jepang Tertarik Bangun Wisata Natuna

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tim dari Kedutaan Jepang untuk Indonesia mengedakan pertemuan dengan Sekda Natuna, Wan Siswandi di Kantor Bupati Natuna, pekan lalu. Pertemuan membahas kerja sama di bidang pariwisata.

Sekda mewakili Bupati Natuna. Bersama Wan Siswandi hadir juga beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. Lalu para penggiat dan pelaku usaha ekonomi sektor pariwisata.

Kepada tamu, Wan Siswandi menerangkan bahwa saat ini Kabupaten Natuna sedang melalui proses percepatan pembangunan. Untuk menyukseskannya melalui lima pilar yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia. Salah satu titik beratnya sebagai upaya membangun pertahanan ekonomi wilayah perbatasan.

Sektor pariwisata tidak ditinggalkan. Mengingat potensi destinasi wisata di Kabupaten Natuna dirasa memiliki nilai potensial untuk dikembangkan.

“Namun membutuhkan program sinergi yang berkelanjutan mengingat kemampuan daerah sangat terbatas,” kata Sekda.

Pemkab tetap berupaya. Diantaranya adalah dengan memperjuangkan status Natuna sebagai Taman Geopark Nasional yang sudah diraih.

Status ini sedang ditingkatkan untuk meraih status Global Geopark Network Unesco. Jika disetujui dirasa mampu meningkatkan potensi pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan. Juga menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Wan Siswandi juga menerangkan bahwa saat ini juga dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Serasan. Kehadiran PLBN ini dirasa dapat berdampak pula pada kemudahan kunjungan pariwisata di Natuna.

“Terutama sebagai pintu masuk bagi warga negara malaysia yang berada di Malaysia Timur, Sarawak, dan Brunei Darussalam,” tambah Sekda.

Walaupun masih dalam tahap pembenahan fasilitas dan infrastruktur pendukung, Wan Siswandi punya harapan. Yakni agar rencana pihak Kedutaan Jepang untuk bekerjasama dibidang pariwisata dapat terealisasi. Ujungnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah.

Perwakilan tim dari Kedubes Jepang untuk Indonesia, Takashi Sawada menjelaskan kedatangan ini langkah awal. Tujuannya senada dengan Sekda, membangun destinasi wisata di Kabupaten Natuna.

Takashi mengaku telah menyelenggarakan rapat internal. Poin pentingnya adalah rencana membangun sejumlah destinasi wisata. Melalui kunjungan kali ini pihaknya akan melakukan pemantauan kondisi berbagai fasilitas pendukung.

“Karena akan sangat berpengaruh bagi menciptakan kenyamanan maupun keamanan dan keselamatan bagi para calon wisatawan,” kata Sawada.

Takashi mengakui bahwa saat ini pihaknya memiliki hubungan kerja dengan beberapa travel agency. Khususnya untuk wisata bawah laut.

“Terumbu karangnya masih alami. Kami yakin spot penyelaman yang ada di Kabupaten Natuna akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” tambahnya.

Selama di Kabupaten Natuna, Tim Kedubes direncanakan akan mengunjungi beberapa lokasi spot penyelaman, mengambil dokumentasi yang nantinya akan disusun menjadi rencana kerja pembangunan destinasi wisata. Demikian dilansir suarasiber dari natunakab.go.id. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •