Inilah Pemenang Desa Wisata Nusantara 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Penganugerahan Penghargaan Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta (10/12/2019).

Dilansir dari kemendesa.go.id, ada dua kategori yang dilombakan, yakni Desa Wisata Kategori Maju dengan pemenang sebagai berikut:

1.Desa Kertayasa, Pangandaran, Jawa Barat ( sebagai juara 1)
2.Desa Sukalaksana, Garut, Jawa Barat (juara 2)
3.Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur (juara 3)
4.Desa Taro, Gianyar, Bali (harapan 1)
5.Desa Punjulharjo, Rembang, Jawa Tengah (harapan 2)
6.Desa Sambirejo, Sleman, DIY (harapan 3)
7.Desa Karangsalam, Banyumas, Jawa Tengah
8.Desa Tridadi, Sleman, DIY
9.Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah
10.Desa Bawuran, Bantul, DIY

Sementara Kategori Desa Wisata Berkembang, berikut pemenangnya:

1.Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (juara 1)
2.Desa Tebara, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (juara 2)
3.Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DIY (juara 3)
4.Desa Tiwingan, Banjar, Kalimantan Selatan (harapan 1)
5.Desa Dadapan, Pacitan, Jawa Timur (harapan 2)
6.Desa Tanalum, Purbalingga, Jawa Tengah (harapan 3)
7.Desa Apar, Pariaman, Sumatera Barat
8.Desa Pendung Talang Genting, Kerinci, Jambi
9.Desa Tenilo, Boalemo, Gorontalo
10.Desa Sukaratu, Garut, Jawa Barat

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid mengatakan sektor pariwisata merupakan satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi di desa. Menjadikan desa menjadi basis tulang punggung ekonomi di masa mendatang.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mulai tahun 2019 mengadakan Lomba Desa Wisata Nusantara dengan pengumuman lomba melalui website ditjenppmd.kemendesa.go.id.

Turis asing diajak menanam bibit padi di Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini pemenang Desa Wisata Nusantara 2019 Kategori Desa Berkembang. Foto – instagram.com/desakembangkuningsikur

Awalnya ada 350 desa mendaftar, diverifikasi menjadi 158 desa. Berbagai persyaratan harus dilengkapi, termasuk rekomendasi dari dinas di kabupaten, link video youtube, akun instagram, storytelling dan paket wisata.

Dari 158 disaring lagi menjadi 28 desa yang layak untuk proses verifikasi. Tim verifikasi berasal dari seluruh Direkorat Jenderal di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Platform Pariwisata, Tour Operator dan Marketplace (CAVENTER Indonesia, Wisatasekolah.com, Geotour, dan Traval.co.

Dari hasil verifikasi diperoleh 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Maju dan 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Berkembang.

Tim Juri berasal dari Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dewan Ketahanan Nasional, dan Praktisi Pariwisata. (man)

Loading...