free page hit counter

Jenis Kurma yang Biasa Dijual di Indonesia

Jenis kurma? Apakah tidak sama semua kurma? Pertanyaan seperti itu mungkin pernah terlintas. Mungkin yang dianggap membedakan harganya karena besar kecilnya.

Bulan Ramadan sebentar lagi datang. Di bulan ini, salah satu buah yang banyak dicari ialah kurma. Umat muslim menggunakannya untuk berbuka puasa. Sunnah Nabi Muhammad SAW memang mengajarkan hal itu.

Bentuk buah kurma yang kecil dan rasa dagingnya manis cocok jadi santapan berbuka. Kurma juga dengan mudah ditemukan setiap kali Ramadan menjelang. Nah, tahukah Anda jenis-jenis kurma yang biasa dijual para pedagang di Indonesia.

Secara garis besar, jenis kurma yang dijual di Indonesia adalah sebagai berikut:

Kurma Azwa

Kurma ini berasal dari Mekah. Sebagian orang menyebut kurma ini dengan kurma nabi. Kurma Azwa merupakan kurma paling mahal dari kurma lainnya. Ciri kurma ini berwarna hitam pekat dan ada garis-garis atau serat warna cokelat pada permukaan kurma. Rasa manisnya standar, tidak terlalu legit dan wujud kurma tampak kering, tidak lembab, ukurannya agak besar.

Harga di pasaran berkisar Rp350.000 hingga Rp500.000 per kilogram. Perbedaan harga tergantung ukuran kurmanya. Itu harga di pedagang kakilima atau kios. Jika di pusat perbelanjaan bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

Kurma Lulu

Bentuk kurma Lulu hampir mirip dengan kurma Azwa, namun harganya lebih murah. Kurma ini memiliki ciri-ciri hitam pekat, namun ukurannya agak lebih kecil dari kurma nabi. Kurma lulu juga gak ada garis-garis atau serat di permukaannya

Kurma yang berasal dari Madinah ini sama-sama hitam pekat, seperti kurma nabi. Namun ukurannya agak kecil. Kurma lulu juga tidak ada garis-garis atau serat di permukaannya. Harganya pun lebih murah sekitar Rp40.000 per kilogram

Kurma Amer Haji

Jenis kurma yang berasal dari Irak ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma jenis ini sering dipakai untuk menyambut tamu. Memiliki warna agak kuning dan teksturnya lembab, agak basah. Harganya Rp20.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

Sekelas dengan kurma amer haji ialah Kurma Khalas sama Al-Amar dengan harga Rp25.000 per kilogram.

Kurma Palmfruit

Bagi masyarakat, jenis kurma yang dijual di Indonesia dan paling digemari ialah kurma Palmfruit. Kurma ini berasal dari Tunisia. Kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, warna cokelat kemerahan, tekstur cenderung kenyal, dan rasanya manis.

Baca Juga:

Jadwal Liga Primer Inggris Pekan Ini, Panas!

Haris “Jualan” Pulau Bawah Anambas ke Tamunya

Pejabat Lantamal IV Teken Zona Integritas WBK

Wartawan Wajib Miliki Standar Kompetensi

Harga Kurma yang berasal dari Mesir, Irak dan Tunisia berimbang. Berkisar Rp20.000 hingga Rp30.000 per kilogram. Namun ada juga kurma Tunisia yang kualitasnya super, dibanderol Rp80.000 – 100.000 per kilogram. Nah, jenis kurma yang dijual di Indonesia dalam keadaan belum matang ialah kurma muda. Jika Anda membelinya, butuh waktu supaya matang dan bisa dimakan.Kurma ini disebut-sebut berkhasiat untuk kesuburan kaum hawa. Cocok dikonsumsi bagi yang sedang program hamil.

Kurma Muda

Harga kurma muda dibanderol Rp200.000 sampai Rp250.000 per kilogram. Ciri-cirinya berwarna kuning gading dan teksturnya agak keras karena memang masih mentah.

Nah, itulah jenis kurma yang dijual di Indonesia. Jenis kurma mana pilihan Anda? (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •