Hari Lanjut Usia Nasional Diperingati di Anambas

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Hari Lanjut Usia Nasional pada tahun 2019 diperingati Pemerintah Kabupaten Anambas melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Peringatan dilaksanakan di Lapangan Bola Desa Ladan Kecamatan Palmatak, Anambas, Kepri, Kamis (15/8/2019).

Orang sering menyingkat Hari Lanjut Usia Nasional 2019 dengan HLUN 2019. Tema yang diangkat tahun ini ialah Mewujudkan Lanjut Usia yang Mandiri, Maju dan Sejahtera.

hari lanjut usia nasional 2019
Sejumlah lomba menyemarakkan Hari Lanjut Usia Nasional 2019 tingkat Kabupaten Anambas. Foto – hariyadi/suarasiber

Turut hadir oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Kacabjari Tarempa, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanudal Palmatak, Lanal mewakili, Ketua PKK, Ketua GOW. Juga ada Ketua Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas, beberapa Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas.

Tak ketinggalan Camat, Palmatak, para Kepala Desa Se-Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas dan tokoh masyarakat serta para lansia.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini diperingati dengan mengadakan rangkaian acara. Diantaranya senam bersama, doorprize. Panitia juga memberikan mesin parut kelapa, mesin pemotong rumput serta pemberian 250 bantuan sembako dan uang tunai kepada lansia.

lanjut usia umur berapa
Foto – sukita.info

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris memberikan sambutan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini. Ia mengatakan peringatan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap lansia. Dengan adanya kegiatan ini agar selalu terjali silaturahmi dan bersyukur.

Bupati mengungkapkan apresiasinya terhadap para lansia di Kecamatan Palmatak. Karena dengan semangat bersama – sama untuk hadir pada acara tersebut.

Selanjutnya Bupati juga berpesan agar para lansia senantiasa menjaga kesehatan dan tak lupa selalu bahagia.

Lanjut Usia Umur Berapa?

hlun 2019
Foto – kemsos.go.id

Secara umum, seseorang yang sudah menginjak usia 65 tahun ke atas bisa disebut lanjut usia atau lansia. Namun, terdapat beberapa batasan-batasan umur yang mencakup batasan umur orang yang masuk di dalam kategori lansia. Diantaranya adalah 60 tahun (UU No. 13 Tahun 1998) dan 60-74 tahun (WHO).

Pengertian lansia sendiri adalah tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan manusia. Ini ditandai oleh gagalnya seorang untuk mempertahankan kesetimbangan kesehatan dan kondisi stres fisiologis nya. Lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup dan kepekaan secara individual. Selain pengertian lansia tadi, masih ada beberapa pengertian lansia menurut para ahli.

Usia lanjut juga dapat dikatakan sebagai usia emas karena tidak semua orang dapat mencapai usia lanjut tersebut. Maka jika seseorang telah berusia lanjut akan memerlukan tindakan keperawatan yang lebih. Baik yang bersifat promotif maupun preventif, agar ia dapat menikmati masa usia emas serta menjadi usia lanjut yang berguna dan bahagia.

Pasti muncul pertanyaan batasan lanjut usia umur berapa? Di Indonesia, batasan mengenai lanjut usia yaitu 60 tahun ke atas. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia pada Bab1 Pasal 1 Ayat 2.

Menurut Undang-Undang tersebut di atas lanjut usia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas, baik pria maupun wanita. Nah, apakah Anda sudah termasuk diperingati di Hari Lanjut Usia Nsional? (hs)

Loading...