Warga Antusias Ikuti Senam Kesehatan Jantung

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Senam kesehatan jantung menjadi salah satu kegiatan selain funbike dan pemeriksaan kesehatan gratis saat Hari Jantung Sedunia, Ahad (22/9/2019). Seman juga disejalankan dengan hari jadi ke-17 Kepri.

Masyarakat tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Daerah ini. Plt. Gubernur Kepri didampingi ketua PKK Kepri Hj. Rosmeri Isdianto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiana turun di tengah-tehgah masyarakat dan ikut larut dalam gerakan-gerakan senam.

Dalam kesempatan ini Isdianto mengatakan bahwa tubuh sehat adalah modal utama dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa sehat sangat penting bagi masyarakat.

“Sehat itu penting. Alhamdulillah masyarakat Kepri sehat-sehat semua karena rajin berolahraga. Selanjutnya, dengan tubuh dan fikiran yang sehat, mari sama-sama membantu pemerintah memikirkan kemajuan Kepri. Berfikir bersama itu tentu lebih baik daripada berfikir sendiri,” kata Isdianto.

senam diabetes

Para peserta senam kesehatan jantung datang dari seluruh penjuru pulau Bintan. Begitu juga dengan para peserta fun bike dan cek kesehatan gratis. Warga memang tengah antusias mengikuti senam kesehtan jantung, selain senam diabetes yang belakangan muncul.

Panitia juga menyediakan puluhan doorprise menarik, diantaranya belasan sepeda gunung dan hadiah utamanya sepeda motor.

Hadir pula dalam kesempatan ini ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia untuk wilayah Kepri, yakni Hj. Pustoko Weni Lis Darmansyah.

Kepulauan Riau sendiri tercatat dalam data resmi BPS, bahwa masyarakatnya tertinggi ke-2 setelah DKI Jakarta untuk kategori tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga.

Dari sejumlah literasi disebutkan, senam kesehatan jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang.

Senam disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

Gerakan senam jantung sehat dibuat khusus dengan tujuan menjaga performa jantung, agar jantung dapat mengambil oksigen sebesar-besarnya dengan tujuan kadar oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi. Senam jantung harus dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit, agar manfaat senam jantung dapat terasa.

Manfaat senam kesehatan jantung ialah memperbaiki denyut nadi, melancarkan aliran darah dan metabolisme berjalan baik.

Sementara bagi mereka yang ingin menghindari penyakit jantung disarankan sejak dini melakukan senam kesehatan jantung. (mat)

Loading...