Elok dan Semaraknya Gedung Daerah Setiap 17 Agustus

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gedung Daerah, Tepi Laut, Tanjungpinang adalah magnet yang menarik ribuan warga Tanjungpinang dan sekitarnya setiap kali datang 17-an. Tak ada kata memilih tempat teduh, panas terik pun tak apa.

Pada 17 Agustus 2018 tahun ini, yang jatuh pada hari Jumat, warga Tanjungpinang dan Bintan sudah berboncong-bondong ke lokasi ini jauh sebelum upacara pengibaran bendera merah putih dimulai.

Semuanya seakan berpesta, ada yang datang mendorong gerobak jualannya. Aneka sajian berselera silakan dirasa. Ada yang datang untuk menikmati keramaian, melihat lihat, memandang. Siapa tahu ada yang sesuai di hati. Ada yang khusus datang ingin merasakan suasana kemerdekaan, atau menghadap ke laut lepas menatap ombak yang berlari kecil ke pantai.

Semakin mendekati pukul 10.00 WIB, semakin sulit mendapatkan tempat yang strategis di depan Gedung daerah. Semuanya sudah diisi penuh.

“Bang, jangan di sini, sudah ada orangnya,” teriak seorang ibu kepada suarasiber yang bermaksud hati duduk istirahat sejenak.

Melayu Corner, pelataran yang langsung berhadapan dengan Gedung Daerah menjadi luapan massa yang tak tertampung. Meluber hingga ke ujung. Dua tiang pinang menunggu untuk dipanjat. Panjat pinang ini dilaksanakan usai upacara bendera.

Warga bercampur dengan peserta upacara. Politi, tentara, pelajar, mahasiswa, ormas, dan tamu undangan lain. Setiap kelompok mengenakan seragam berbeda. Semarak warnanya.

Gedung Daerah pun tampak gagah. “Senang kalau 17 Agustus. Saya selalu ke sini bersama keluarga,” kata Paat, warga Tanjungunggat.

Entah berapa kali Paat memotret Gedung Daerah. Selfie, wefie, cek hasilnya, hapus, foto lagi. Dan bukan hanya ia yang melakukannya. Banyak yang mengarahkan kamera ponselnya ke arah Gedung Daerah yang pagi itu berbenah, bersolek, merah dan putih membalut raganya.

Semua warga terlihat bersemangat. Hal ini tak jauh dengan harapan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang bertindak sebagai Inspketur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Gedung Daerah.

“Semangat kemerdekaan harus mampu membangun optimisme untuk menghadapi berbagai situasi yang berkembang saat ini, baik global maupun domestik,” kata Gubernur.

Nurdin mengajak semua pihak untuk memantapkan tekad, bersama-sama membangun bangsa dan negara ini dengan semangat Kerja Kita Prestasi Bangsa.

Ia juga menyinggung gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.
“Tahun 2018 adalah tahun yang penuh agenda strategis seperti Asian Games, Pilkada serentak yang dilaksanakan di 171 daerah serta tahapan awal pemilu 2019. Diminta kepada kita semua untuk tetap fokus bekerja dan terus meningkatkan koordinasi di seluruh jajaran agar sasaran kinerja dan pembangunan dapat tercapai,” kata Nurdin.

Tampak hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur H Isdianto, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Sekdprov Kepri H TS Arif Fadillah, Kajati Kepri Dr Asri Agung Putra, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI R. Eko Suyatno, Kabinda Kepri Brigjen Pol. Suharyono, Kepala Kantor Pertahanan Kepri Brigjen TNI A. Pong Bija, Danlanud RHF Kol. Pnb Dadan Gunawan. (mat)

Loading...