Serahkan 20 Unit Rumah Produksi, Tahun 2024 Rahma Usulkan 17 Unit Tambahan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, MM mendorong kaum perempuan untuk membangun usaha dalam upaya menopang peningkatan kesejahteraan keluarga.

Upaya itu bisa diwujudkan dalam bentuk membangun industri kecil, melalui berbagai kegiatan produktif sesuai dengan jenis keahlian dan kemampuan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Hj. Rahma ketika menyerahkan kunci Rumah Produksi kepada 20 pelaku IKM di Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur, di Kampung Sidomulyo, Selasa (19/9/2023).

Foto – diskominfo tanjungpinang

Dalam kepemimpinannya sebagai wali kota, Pemerintah Kota Tanjungpinang secara masif membangun kekuatan ekonomi masyarakat melalui penguatan sektor UMKM dan IKM.

“Ibu-ibu harus menjadi perempuan tangguh dan mandiri, untuk mendukung perekonomian keluarga. Kemandirian perempuan dalam sektor ekonomi, pada akhirnya akan membangun kesejahteraan keluarga, masyarakat, dan daerah,” pesan Hj. Rahma kepada puluhan pelaku UMKM dan IKM yang menyaksikan acara Peresmian dan Serah Terima Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan, di Kampung Sidomulyo.

Pembangunan 20 unit Rumah Produksi bagi 20 pelaku IKM yang dinilai telah memenuhi kompetensi tertentu itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian RI tahun 2023.

Hj. Rahma berkesempatan langsung mengunjungi 6 unit Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Keenam Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur tersebut berada di Kampung Sidomulyo, Kampung Wonosari, Jalan Handjoyo Putro, Jalan Adi Sucipto, dan Kampung Sumber Rejo.

Foto – Diskominfo Tanjungpinang

Selain menyerahterimakan bangunan berikut peralatan pendukung industri, Hj. Rahma juga menyerahkan langsung bantuan peralatan industri kepada 197 pelaku IKM lainnya wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Bantuan peralatan industri kepada 197 pelaku IKM tersebut melengkapi rentetan program bantuan peralatan pendukung usaha, yang telah diserahkan oleh Hj. Rahma kepada lebih dari sekitar 2.700 penerima fasilitas program pembangunan ekonomi kerakyatan sejak tahun 2022. Secara detil, sebanyak 1.733 penerima fasilitas pada tahun 2022 dan 1.304 penerima fasilitas pada tahun 2023.

Bantuan peralatan penunjang usaha yang diberikan kepada 197 pelaku UMKM/IKM Selasa (19/9) kemarin, terdiri dari 25 jenit peralatan. Antara lain mesin pengiris tempe, pengaduk adonan, freezer, kompor gas, oven gas, spinner, oven deck, dan berbagai jenis peralatan industri lainnya.

“Pembangunan Rumah Produksi akan dilanjutkan kembali pada tahun 2024. Kita akan membangun 17 unit Rumah Produksi Tahu Tempe. Semoga jajaran OPD terkait mampu mengawal pembangunan Rumah Produksi ini sampai dengan selesai, sesuai dengan telah kita usulkan sebelumnya. Ini adalah bentuk komitmen saya untuk membangun ekonomi masyarakat Tanjungpinang,” ungkap Rahma. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...