Kabupaten Karimun Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Loading...

Suarasiber.com – Kabupaten Karimun kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023. Penghargaan KLA pratama diberikan karena kabupaten berjuluk Bumi Berazam dinilai berhasil dalam memberikan pelayanan, dan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Kabupaten Karimun termasuk dalam 135 kabuoaten/kota se-Indonesia yang menerima penghargaan KLA kategori Pratama. Sementara 19 kabupaten/kota meraih penghargaan KLA kategori Utama, 76 kabuaten/kota menerima penghargaan kategori Nindya, dan 130 meraih kategori Madya.

“Penghargaan KLA untuk kabupaten/kota yang meraih kategori Pratama hanya dibacakan secara daring oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga,” ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karimun, Rosmawati, Senin (24/7).

Pembacaan penghargaan KLA dilaksanakan di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun pada Sabtu (22/7) malam.

Saat pembacaan penghargaan KLA secara daring itu, kata Rosmawati, turut hadir Bupati Karimun, Wakil Bupati, dan sejumlah kepala OPD. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun pada Sabtu (22/7) malam.

“Syukur Alhamdulillah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam menjalankan Kebijakkan–kebijakan menuju Kabupaten Layak Anak,” ucap Rosmawati singkat.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyampaikan, penghargaan KLA merupakan suatu bentuk apresiasi atas segala komitmen dan keseriusan para Gubernur, Bupati, Walikota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak.

Pembacaan penghargaan KLA dilaksanakan di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun pada Sabtu (22/7) malam.

Amanat kontitusi pun mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya.

“Kami berharap penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 menjadi cambuk penyemangat bagi daerah untuk bekerja lebih keras dalam melindungi kelompok anak dan memastikan pemenuhan haknya,” pesan Menteri PPPA RI.

Karimun bukan kali ini saja menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak. Bahkan pada 2019 silam kabupaten ini pun sudah mendapatkan penghargaan itu.

Kala itu penghargaan diserahkan Menteri PPPA RI Yohana Yambise dan diterima oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim.

Penilaian tersebut ditandai dengan raihan Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia yang diterima Kabupaten Karimun.

Foto bersama usai mendapatkan penghargaan yang membanggakan.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Anwar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu Pemerintah Daerah dalam menjalankan kebijakkan-kebijakan menuju Kabupaten Layak Anak.

“Ini merupakan penghargaan yang ke dua kalinya yang diterima oleh Kabupaten Karimun,” kata Anwar.

Adapun penghargaan ini diberikan kepada kabupaten atau kota yang atas kesadarannya mampu meningkatkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di wilayahnya.

Di antaranya adalah hak atas identitas berupa akta kelahiran, pencegahan perkawinan anak dan menggerakkan peran serta dunia usaha, media dan masyarakat dalam perlindungan anak.(***)

Loading...