Bupati Karimun Tinjau dan Pastikan Jalan dan Jembatan yang Rusak di Kundur Diperbaiki

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq memastikan perbaikan jembatan di empat titik di Pulau Kundur.

Keempat jembatan yang menjadi akses masyarakat se Pulau Kundur, dikabarkan rusak parah, bahkan ada jembatan yang jadi penghubung langsung amblas dan memutus jalan warga, namun dipastikan akan segera tuntas diperbaiki dalam waktu sebulan lamanya.

Salah satu jembatan yang terus amblas adalah Jembatan Mata Kucing di Desa Gemuruh, tak jauh dari Pantai Timun Kecamatan Kundur Barat, yang terputus total karena tergerus air hujan beberapa bulan lalu. Namun kini sudah dalam proses pembangunan jembatan baru dan kendaraan roda dua sudah dapat melintas, kecuali roda empat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau jembatan dan jalan yang rusak di Kundur.

Kemudian jembatan di Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat. Kondisi jembatan tersebut mulanya tergerus derasnya air hujan beberapa waktu lalu, namun lama-lama semakin melebar dan kondisi jembatan pun amblas sebagian, menimbulkan lubang yang cukup besar.

“Kita turun langsung untuk melihat empat titik jalan dan jembatan yang dilaporkan rusak. Salah satunya di Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat ini, karena menjadi akses utama masyarakat,” ujar Aunur Rafiq, Minggu (30/4/2023).

Dikatakan Aunur Rafiq, seluruh jalan dan jembatan yang rusak akan segera diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karimun.

Perbaikan menurutnya, diperkirakan akan memakan waktu paling lambat selama satu bulan pekerjaan.

“Perbaikan akan terfokus untuk peningkatan. Kita akan sesuaikan lagi khususnya pada box culvert, agar semakin kuat menghadapi tingginya debit air saat hujan deras,” kata Aunur Rafiq lagi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau jembatan dan jalan yang rusak di Kundur.

Dijelaskannya, perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan memang menjadi fokusnya, sebagaimana komitmennya untuk pemerataan pembangunan hingga ke pelosok.

Sehingga sampai saat ini pembangunan infrastruktur jalan di masa kepemimpinannya, yang sudah terbangun mencapai sepanjang 223,9 kilometer.

Sebelumnya, Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si melakukan peninjauan infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (27/4/2023).

Salah satu yang ditinjau adalah jembatan ruas jalan di Desa Kundur, Kecamatan Kundur Barat. Jalan tersebut amblas akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Bupati Karimun dalam peninjauan ini didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun, Dr Muhammad Firmansyah M.Si.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau jembatan dan jalan yang rusak di Kundur.

“Kita turun langsung untuk melihat 4 titik jalan dan jembatan yang dilaporkan rusak, salah satunya di Desa Kundur ini karena menjadi akses utama masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan, keseluruhan jalan dan jembatan yang rusak akan segera diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karimun.

Bupati juga menyampaikan permohonan maaf atas kerusakan yang terjadi, ia memastikan infrastruktur khususnya jalan adalah fokus utama untuk konektivitas masyarakat.

“Saya memohon maaf kerusakan ini membuat masyarakat jadi sulit dan harus memutar lebih jauh, peningkatan dan perbaikan jalan akan terus menjadi fokus kita agar konektivitas masyarakat semakin mudah,” terang Bupati.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau jembatan dan jalan yang rusak di Kundur.

Soal kerusakan jalan di KUndur sudah menjadi perhatian Pemkab Karimun sejak lama. Akhir 2022, Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan peninjauan secara langsung pembangunan fisik pengerjaan ruas jalan di wilayah Pulau Kundur, Kabupaten Karimun.

Peninjauan Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Cahyo Prayitno ini untuk memastikan pengerjaan ruas jalan benar-benar rampung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (suradi)

Foto – Diskominfo Karimun

Loading...