free page hit counter

Waspada! Link Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Cari Mangsa

Loading...

Suarasiber.com – Di masa pandemi Covid-19, kehadiran Kartu Prakerja banyak dicari masyarakat. Namun waspada jika belakangan ini kalian menerima WA isinya link untuk mendaftar Kartu Prakerja Gelombang ke-12.

Maraknya link pendaftaran tersebut sebaiknya disikapi dengan bijaksana. Sebab link tersebut palsu!

Pemerintah memang telah memastikan akan melanjutkan program Kartu Prakerja tahun ini. Hingga sekarang jadwal pembukaan pendaftaran gelombang ke-12 belum diumumkan.

Dilansir dari inet.detik.com, Senin (18/1/2021) beberapa di antaranya beralamatkan https://dashboard.prakerja12.info/ dan http://dashboard.prakerja12.xyz/.

Bagi yang sudah paham mungkin langsung bisa menebak nama situsnya sudah mencurigakan. Namun bagi yang awam mungkin dianggap informasi yang sangat berguna lalu diklik.

Pembuatnya cukup lihai dengan membuat tampilan berusaha menyerupai laman resminya.

Kecurigaan seharusnya mulai dirasakan ketika Anda membukanya lalu sistem meminta nama dan nomor handphone. Padahal Kartu Prakerja yang asli kita hanya diminta memasukan email dan membuat kombinasi password. Namun saat ini belum bisa dilakukan.

Head of Communication Project Management Officet (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu saat dikonfirmasi menegaskan link yang beredar adalah hoaks.

“Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar,” ujar Louisa dilansir dari CNBC Indonesia via detik.

Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, https://www.prakerja.go.id/. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini.

“Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id,” pungkasnyanya.

Sebaiknya Anda waspada. (mat)

Loading...