Sekolah yang Buka Januari 2021 Tanpa Kantin, Olahraga dan Ekskul

Loading...

Suarasiberdotcom – Mendikbud RI Nadiem Makarim memang sudah memberikan izin untuk Pemda membuka sekolah pada januari 2021 tanpa melihat zona pandemi Covid-19. Namun satu hal yang tetap diwajibkan untuk dipatuhi, yaitu menerapkan protokol kesehatan.

Melalui YouTube Kemdikbud, Jumat (20/11/2020) Nadiem mengatakan kendati sekolah sudah memenuhi semua kriteria untuk atap muka dengan protokol kesehatan, jumlah siswa maksimal 50% dari rata-rata.

Untuk melakukannya, sekolah bisa menerapkan rotasi atau shifting. Nadiem menegaskan tidak boleh kapasitas penuh.

“Mohon ini ditekankan berkali-kali semua kepala dinas harus diterapkan. Karena itu, hanya dengan itu kita bisa menjaga jarak minimal 1,5 meter di dalam kelas,” pesan Nadiem.

Guru dan murid pun wajib mengenakan masker selama berada di lingkungan sekolah. Soal masker Nadiem menyebut tak akan menerima negosiasi. Termasuk mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menerapkan etika batuk dan bersin.

Bagi guru atau pendidik yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbiditas tidak diperkenankan ke sekolah.

Dengan menetapkan syarat seperti itu, maka kantin sekolah tidak buka karena akan menimbulkan kerumunan. Olahraga dan ekstrakurikuler (ekskul) juga ditiadakan.

Dengan demikian, bagi sekolah yang diizinkan buka oleh Pemda pada Januari 2021 nanti aktivitasnya hanya siswa masuk kelas untuk belajar lalu pulang. Hanya pembelajaran tanpa kegiatan selain kegiatan belajar mengajar. (mat)

Loading...