Manfaat Air Hujan untuk Kesehatan, Bolehkah Diminum?

Loading...

Manfaat Air Hujan untuk Kesehatan, Bolehkah buat Mandi?

Bagaimana jika air hujan digunakan untuk mandi? Diakui atau tidak, masih banyak penduduk di banyak negara yang menampung air hujan untuk mandi.

Sebuah penelitian yang juga dilakukan di Monash, Australia terhadap 300 rumah yang menggunakan air hujan untuk mandi tidak menunjukkan risiko penyakit.

Lalu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), air hujan tidak selalu sama dan semurni yang anggapan kita. Bisa saja airnya sudah terkontaminasi kotoran.

Menurut penelitian, jumlah bakteri pada air hujan bisa mencapai 1.362 bakteri per sampel. Paling banyak ditemukan berasal dari feses yang mengganggu saluran pernafasan.

Kandungan kimia dalam air hujan pun beragam: ada uap air, asam nitrat, karbon, asam sulfat, dan garam. Dari situ diketahui bahwa pH air hujan adalah asam, tidak cukup baik untuk kulit.

Namun tidak sedikit yang percaya air hujan sebenarnya bagus untuk mandi. Salah satunya ialah dianggap mampu memberikan efek bahagia karena bermain air hujan memang menyenangkan.

Air hujan dipercaya memiliki kandungan oksigen yang lebih murni, yang dibutuhkan oleh tubuh.

Percobaan sederhana untuk membuktikannya, ambil air hujan yang sudah didiamkan sekian lama di penampungan dengan plastik lalu masukkan ke freezer.

Saat sudah membeku akan terlihat banyak sekali kristal indah di dalamnya. Itu berarti air hujan banyak mengandung oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Saat air hujan membasahi tubuh, akan memberi efek relaksasi pada tubuh. Percikan air hujan di kulit mampu membantu memperbaiki syaraf-syaraf dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit dan mengobati stress.

Bagaimana menurut Anda? Demikian penjelasan tentang manfaat air hujan untuk kesehatan. (man)

Loading...