Dua Situs Kuno Jejak Peradaban Masyarakat Jawa Ditemukan

Loading...

TULUNGAGUNG (suarasiber) – Tim Arkeologi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan serangkaian kajian dan identifikasi lapangan terhadap sejumlah objek cagar budaya. Tempat tersebut sebelumnya dilaporkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung.

Seorang arkeolog BPCB Jatim, Mochamamd Ichwan menyebutkan ada dua situs yang menurutnya perlu digali.

Pertama temuan struktur bata merah kuno di Dusun Balesono, Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo, kedua sumur kuno berbentuk persegi delapan yang baru ditemukan dekat bantaran Sungai Brantas di Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol.

Dilansir dari siberindo.co, grup suarasiber.com, belum lama ini, diduga di sekitar lokasi sumur kuno itu meninggalkan banyak jejak peradaban masyarakat Jawa kuno. Hal ini mengingat dahulu Sungai Brantas merupakan jalur transportasi masyarakat saat itu, khususnya era zaman kerajaan Singasari dan Majapahit.

“Untuk arca dewa dan dua arca pala mungkin bisa dilestarikan di tempatnya sekarang, mengingat objek Caar Busga itu memiliki nilai penting untuk pendidikan dan kesejarahan,” katanya.

Selanjutnya Ichwan dan timnya akan membuat laporan kajian untuk dilampirkan dalam surat rekomendasi penggalian situs ke Pemkab Tulungagung. Barulah dilakukan penggalian dengan menggunakan metode kearkeologian. (man)

Loading...