free page hit counter

Artikel Pola Hidup Sehat 2019, Baca di Sini

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pola hidup sehat, sebuah pertanyaan yang kerap dilontarkan. Tak hanya tetap sehat, tapi juga selalu fit, tak mudah jatuh sakit hanya karena kehujanan atau kepanasan.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar tubuh selalu sehat, dan fit? Sebelum menjawab pertanyaan itu harus dipahami bahwa kondisi tubuh setiap orang berbeda. Ada yang harus makan 3 kali sehari dengan menu lengkap. Tapi, ada juga yang cukup dengan makan 2 kali sehari.

Bahkan, ada yang hanya makan sekali sehari. Kok bisa? Karena tiap orang punya daya tahan tubuh yang berbeda. Namun, secara umum untuk hidup yang diperlukan adalah keseimbangan dalam segala hal. Dan, selalu disiplin menjaga keseimbangan itu. Berikut tips hidup sehat:

1. Makan dengan Pola Seimbang

Makanan berada di posisi nomor satu, agar tubuh tetap sehat. Kenapa makanan, karena tubuh memerlukan makanan sebagai sumber energi, sumber tenaga, dan sumber pertumbuhan. Selain untuk perbaikan sel tubuh yang rusak.

Hanya ada satu jalan agar tubuh selalu berenergi dan fit. Namun, jumlahnya tidak berlebihan, dan sesuai dengan kalori tubuh yang digunakan dalam aktivitas normal. Untuk itu setiap orang disarankan untuk mengetahui jumlah kalori setiap makanan masuk ke tubuh. Dan, tahu berapa jumlah kalori yang diperlukan tubuhnya.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan

Setiap orang yang ingin tubuhnya selalu sehat dan fit dituntut punya pengetahuan tentang makanan. Selain mengetahui kondisi tubuhnya sendiri dengan baik. Kemudian, memaduserasikan jumlah kalori makanan yang masuk dengan batas kalori yang diperlukan tubuh.

Harus diperhatikan juga jenis makanan yang masuk ke tubuh. Hindari makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, dan tidak segar. Dan, mengurangi makanan yang banyak mengandung garam serta gula.

Agar tubuh selalu sehat dan fit, diperlukan juga asupan cairan yang cukup ke tubuh. Para ahli menyarankan sehari tubuh memerlukan sekitar 1,5 liter air.

2. Bugar Jasmani

Pola hidup sehat selanjutnya bugar jasmani. Banyak orang yang mengeluh tubuhnya mudah capek, dan lemas, padahal makan sudah lebih dari cukup. Tidur juga lebih dari cukup. Namun, banyak yang lupa tubuh juga memerlukan aktivitas yang teratur, untuk menjamin semua otot selalu segar. Jalan yang bisa dilakukan, tapi jarang dilaksanakan, adalah berolahraga.

Olahraga yang menggerakkan fisik tubuh, tidak perlu harus yang berat. Berjalan kaki secara teratur dalam jarak tertentu sudah termasuk berolahraga. Jika situasi tidak memungkinkan di luar rumah, bisa di dalam rumah.

Ada banyak manfaat jika melaksanakan olahraga secara teratur. Antara lain membuat daya tahan tubuh lebih baik. Sehingga, tak mudah capek, dan lemas. Selain itu, olahraga juga membakar lemak yang ada di tubuh, membuat tulang lebih kuat, dan membuat tubuh selalu fit.

Selain berolahraga, agar tubuh selalu bugar dan fit pola istirahat juga harus teratur sesuai dengan kebiasaan masing-masing. Sebab, setiap orang punya pola istirahat yang berbeda. Ada yang perlu tidur 8 jam sehari. Tak sedikit juga yang hanya perlu 4 – 5 jam sehari.

3. Kelola Stres

Ada yang berpendapat stres harus dihindari. Padahal, stres adalah sesuatu yang harus dihadapi karena tidak mungkin dihindari. Pemicu stres bisa terjadi di mana saja, bisa di rumah, di kantor, di sekolah atau di tempat umum.

Jika sudah stres, sakit kepala pun muncul, juga sakit perut, tekanan darah naik, dada sesak dan malamnya susah mau tidur. Hal yang harus dilakukan, adalah menenangkan diri, mengingat hal-hal terbaik yang pernah dialami dalam hidup.

Selanjutnya, lepaskan semua rasa yang mengganjal di hati kepada teman terdekat atau kepada yang dipercaya bisa menyimpan rahasia. Bagi yang punya hobi yang mudah murah seperti membaca, segeralah mencari bahan bacaan atau novel atau kisah sukses orang lain.

Baca Juga: Warga Desa Terpencil Ini Punya Cara Jitu Jaga Kesehatan

Di samping melakukan hobi atau berlibur, cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan selalu, dan perbanyak bersyukur. Bersyukurlah sebanyak-banyaknya kepada Yang Maha Kuasa atas segala nikmat yang telah diberikanNya.

Jika stres sudah terlalu berat, tak punya teman curhat, tak punya hobi yang murah dan mudah, tak juga suka berolahraga, dan tak terbiasa bersyukur atas nikmatNya. Maka, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah segera mencari bantuan medis. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan kejiwaan.

Yuk…! Kita kita kenali tubuh kita, dan apa yang diperlukannya. Agar selalu sehat, bugar, dan tak mudah jatuh sakit. (mat)

Bagikan berita
  • 52
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •