Jangan Beli Tiket Mudik Gratis, Petugas Bakal Validasi Ulang Saat Keberangkatan

Loading...

Suarasiber.com – Tiket mudik gratis oleh beberapa orang malah dijual lagi kepada orang lain melalui media sosial. Kemenhub pun memberikan tanggapan yang bakal menyulitkan aksi seperti ini.

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengimbau agar warga tidak membeli tiket mudik gratis di calo.

Bagi warga yang membutuhkan tiket mudik gratis menggunakan bus saat ini kuotanya masih tersisa. Bisa dicek melalui aplikasi MitraDarat secara berkala. Jika ada yang gagal validasi, maka secara otomatis sistem pada aplikasi akan memberitahu ada kuota baru.

Ia sangat menyayangkan ulah mereka yang sudah mengantongi tiket mudik gratis namun menjualnya dengan alasan tidak jadi balik karena masih bekerja dan sebagainya.

Guna mengatasi masalah ini, Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan akan melakukan validasi ulang di hari H keberangkatan. Apabila terdapat perbedaan nama dan NIK, maka tiket mudik gratis tak akan bisa digunakan lagi.

“Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta saat Hari H keberangkatan. Yang identitasnya berbeda tidak akan bisa ikut berangkat mudik gratis,” sebut Hendro. (***)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...