Dramatis, Penyelamatan Seorang Warga Maros Terjepit di Tower 50 Meter

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah video yang diunggah Instagram Basarnas Nasional pada tanggal 26 November 2019 lalu mendapatkan apresiasi warga. Video ini menayangkan bagaimana proses evakuasi terhadap seorang warga Maros, Sulawesi Selatan yang terjepit saat memanjat antena setinggi 50 meter dekat Kantor BUpati Maros.

Kejadiannya pada hari Senin (25/11/2019) pukul 21.50 WITA. Warga yang terjepit bernama Lesmono, berusia 34 tahun. Di atas ketinggian 50 meter, Lesmono terjebak selama dua jam.

Tim SAR Gabungan yang mendapatkan informasi segera bertindak. Dengan peralatan standar penyelamatan, seorang rescuer SAR setempat memanjat tower.

https://www.instagram.com/p/B5TekyWgyy7/

Karena malam hari, petugas menggunakan lampu sorot. Sementara rescuer juga mengenakan lampu senter kepala yang dipasang di helm pengaman. Tersengar suara-suara meminta senter ketika proses evakuasi berlangsung.

Tak lama kemudian rescuer SAR berhasil turun, bersama Lesmono yang sudah dalam kondisi lemas. Petugas yang menunggu di bawah segera menyambut Lesmono untuk memberikan pertolongan. Untuk menurunkan Lesmono, Rescuer SAR menggunakan teknik Rescue Tandem Under Belay.

Selanjutnya korban dilarikan ke Rumah Sakit Salewangan Maros untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Di akhir postingan, Basarnas mengucapkan terima kasih kepada: Terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat 📹 : @basarnas_makassar, @chidadhe dan menyertakan tagar #basarnas, #sar, #rescue dan #inasar. (man)

Loading...