Petugas Tourist Information Centre di Anambas Ini Berharap Bisa Ikut Pelatihan

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Pegawai tidak tetap (PTT) di Dinas Pariwisata Pemkab Anambas ini benar-benar mencurahkan waktu dan tenaganya untuk mengenalkan potensi pariwisata di kampung halamannya. Meski semuanya dipelajari secara otodidak, ia selalu percaya diri menghadapi wisatawan, bahkan wisman sekalipun.

Namanya Gusdi Munandar, remaja yang lahir dan besar di Jemaja ini setiap hari bertugas sebagai petugas Tourist Informastion Centre di Bandara Letung, Anambas. Sebagai seorang pemberi informasi kepada turis, Gusdi harus banyak tahu tentang potensi daerahnya.

Ia harus pandai memberikan informasi semenarik mungkin sehingga akan semakin banyak turis atau wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Anambas. Apalagi jika yang dihadapinya wisman, sebisa mungkin ia akan membuat orang yang dipandunya merasa nyaman dan menikmati beragam keindahan di Anambas.

“Saya merasa tertantang untuk menjadi guide bagi wiatawan mancanegara,” ujarnya, beberapa hari lalu.

Meski ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pemandu dipelajarinya secara otodidak, ia tetap tampil percaya diri.

Baca Juga:

Orang Kapal Ditemukan Meninggal di Hotel Usai Kunjungi Tempat Hiburan Malam

2 Pengedar dan 1 Kg Sabu-sabu Ditemukan di Kampungbaru Tanjungpinang

Lemdiklat Bangun Peradaban Polisi yang Profesional

Antisipasi Abrasi di Jalan Selayang Pandang, Pemkab Anambas Bakal Pasang Pemecah Ombak

Beberapa waktu lalu, seperti diunggah di akun Facebook pribadinya, Gusdi menerima sepasang turis dari Amerika Serikat. Kepada mereka, selain memberikan brosur tentang wisata Anambas, ia juga aktif berkomunikasi.

Tahun 2019, harapannya menyala untuk melihat turis asing dari negara lain mengunjungi Anambas. Hal ini tak mustahil lantaran sebuah maskapai penerbangan nasional telah menambah jadwal penerbangan dari Bandara hang Nadim Batam ke Bandara Letung, Anambas.

Hanya satu keinginan Gusdi, yakni bisa diikutsertakan pelatihan atau kegiatan sejenis untuk mengupgrade kemampuannya sebagai petugas tourist information centre. Siapa saja atau instansi atau pemerintahan mana yang mengadakan pelatihan yang mendengar keinginannya, Gusdi tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan.

Ada yang bisa membantu Gusdi?(hs)

Loading...