Abdul Haris, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas yang Pernah Jadi Satpam Hotel

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gagal menjadi bintara polisi, jadi guru, dan jadi PNS, Abdul Haris yang dilahirkan di Tarempa, Anambas, 3 Mei 1968, justru sukses menjadi pemimpin di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), menjadi bupati.

Rekam jejaknya yang bersih dari segala bentuk skandal, dan penyimpangan sejak jadi anggota DPRD di tahun 2004 – 2009, dan terpilih lagi 2009 – 2014, membuatnya dipercaya menjadi Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas 2016 – 2021.

Sebelum jadi bupati, Haris menjabat sebagai Wakil Bupati KKA 2010 – 2015. Saat itu, Haris mendampingi Tengku Mukhtaruddin sebagai bupati.

Putra kelima dari tujuh bersaudara (seorang sudah meninggal) anak petani kecil di Tanjungmomong, Anambas ini, tak pernah menyangka menjadi pemimpin bagi warganya. Bahkan, bercita-cita menjadi pemimpin pun tidak.

Sebagai anak petani kecil, Haris awalnya hanya ingin menjadi polisi. Menjadi bintara polisi. Dengan harapan bisa membanggakan orang tua.

Itu sebabnya, selepas tamat SMA di Tarempa, Haris menuju ke Pekanbaru, Riau. Tujuannya, supaya bisa ikut tes masuk bintara polisi di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Gobah, Pekanbaru.

Haris yang saat duduk di Madrasah Ibtidaiyah (setara SD), harus mendayung sampan sekitar sejam hingga dua jam, agar bisa sekolah, gagal di seleksi masuk secaba polisi. Gagal, karena syarat izin orang tua baru sampai di Pekanbaru dari Tarempa, Anambas, setelah tes masuk polisi ditutup.

Loading...