Abdul Haris, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas yang Pernah Jadi Satpam Hotel

Loading...

Gagal Jadi Polisi, Guru, dan Jaksa

haris muktamar ppp
Abdul Haris menjadi peserta sebuah muktamar PPP. Foto – dok pribadi

Pupus sudah cita-cita jadi polisi, Haris beralih cita-cita menjadi guru. Dia pun ikut tes masuk Diploma II keguruan di sebuah perguruan tinggi di Pekanbaru. Lagi-lagi tak lulus.

Gagal di dua cita-cita itu, Haris putar haluan mengarahkan cita-citanya. Dia ingin menjadi jaksa, jadi PNS di lingkungan kejaksaan.

Karena itu, dia pun mendaftar di Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru, Riau. Haris lulus, dan kuliah hingga tamat dengan gelar Sarjana Hukum (SH).

Bagi sebagian orang masa kuliah, adalah masa yang indah. Bagi Haris, masa kuliah adalah masa perjuangan hidup. Untuk mencukupi kebutuhan kuliahnya, Haris harus nyambi bekerja. Bekerja sebagai kuli bangunan.

Haris bersukur sejak masa sekolah dasar hingga tamat SMA, sudah terlatih bekerja keras. Sehingga, meski menyambil jadi kuli bangunan saat kuliah, dia tak canggung lagi.

Kerja keras sudah dimulai saat dia duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah (MI). Rumahnya berada di seberang Kota Tarempa, dan saat itu tidak ada jalan darat. Laut menjadi satu-satunya sarana transportasi.

Dengan perahu dayung, Haris mendayung perahu (disebut menciau) antara sejam hingga dua jam, supaya bisa sekolah. Sekali dua kali dia bolos ke sekolah, karena baju dan celananya basah kuyup.

Basah karena perahunya terguling dihajar ombak. Bagi anak laut, terguling dari perahu dianggap hal biasa. Lepas sekolah, dia melanjutkan bekerja di kebun membantu orang tua. Tidak ada waktu untuk berleha-leha.

“Sejak masih di tingkat sekolah dasar (MI) sudah diajar bekerja di kebun. Begitu juga di MTs, dan SMA. Waktu SMA mau ke sekolah bawa sayur, antarkan dulu ke kedai-kedai baru ke sekolah. Sebab, sebagai laki-laki kan nantinya harus bekerja,” kata Abd Haris dalam perbincangan dengan suarasiber.com, kemarin.

Pulang dari sekolah saat SMA, Haris pun melanjutkan dengan bekerja di kebun. Semua pekerjaan di kebun dia bisa, termasuk memanjat pohon cengkih.

Loading...