Abdul Haris, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas yang Pernah Jadi Satpam Hotel

Loading...

Jadi Kuli Bangunan untuk Mencukupi Biaya Kuliah

Begitu lincahnya memanjat pohon hingga dia pernah jatuh, dan cedera berat. Sehingga, sekolahnya sempat tertunda setahun saat itu. Namun, hal itu tak membuatnya kapok. Begitu sehat, dia kembali ke sekolah, dan tetap membawa sayur mayur ke kedai.

Sebab itu, Haris tidak ada rasa segan, malu atau canggung membawa sayur sambil berangkat ke sekolahnya. Pengalaman bekerja keras sejak usia sekolah dasar, menjadikan Haris sebagai pekerja keras yang tangguh. Dan, tak kenal gengsi.

Kepada tiga orang anak-anaknya, yang berarti anak bupati, Haris juga membiasakan mereka terbiasa bekerja sejak usia dini di rumah. Beragam pekerjaan rumah bisa dikerjakan anak-anaknya. Meski, sebagai anak bupati mereka bisa asal main tunjuk.

“Anak-anak sudah dilatih kerja di rumah, karena itu akan menjadi bekal bagi mereka kelak. Jangan karena anak bupati, tak bisa apa-apa,” ujar Haris.

Pengalaman masa kecil, dan sekolah terbukti sangat bermanfaat saat Haris kuliah. Minimnya kiriman tak membuatnya mengaduh, dan mengeluh.

Mengangkat batu, pasir, semen, dan mengocok semen menjadi adonan yang matang, dijalani dengan riang. Saat yang lainnya makan dari rantangan, Haris memasak sendiri.

Bekal ikan asin yang dibawa ke Pekanbaru, diolah menjadi beragam masakan. Bahkan, memasak gulai dengan bumbu lengkap yang terdiri dari belasan jenis, dan bumbu pun dia bisa. Sekaligus memarut kelapa, dan memerahnya.

Loading...