Ekonominya Terbaik Se-Kepri, Batam Tumbuh Jadi Metropolitan Baru di Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Kota Batam kembali menunjukkan geliat ekonominya yang gemilang di tahun 2023. Batam berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di antara seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri.

Tingginya angka pertumbuhan ekonomi Batam ini, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu kota metropolitan baru di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Batam mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7,04% di tahun 2023.

Angka ini jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,05% dan pertumbuhan ekonomi Kepri secara keseluruhan 5,2%.

Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Batam yang tinggi di antaranya:

1. Peningkatan investasi: Batam terus menarik minat investor, baik domestik maupun asing, untuk berinvestasi di berbagai sektor, seperti industri, pariwisata, dan logistik.

2. Peningkatan ekspor: Batam menjadi salah satu kontributor utama ekspor nonmigas di Indonesia.

3. Peningkatan sektor pariwisata: Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam terus meningkat setiap tahunnya.

4. Peningkatan infrastruktur: Pemerintah terus membangun dan meningkatkan infrastruktur di Batam, seperti jalan raya, bandara, dan pelabuhan.

Berikut adalah tabel pertumbuhan ekonomi di Kepri di tahun 2023:

1. Batam= 7,04 Persen.
2. Bintan= 6,14 Persen.
3. Karimun= 5,5 Persen.
4. Tanjungpinang= 4,92 Persen.
5. Lingga= 4,3 Persen.
6. Natuna= 0,96 Persen.
7. Anambas= 0,62 Persen.

Prestasi Batam ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain di Kepri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya masing-masing.

Angka pertumbuhan ekonomi Batam ini di atas rata-rata nasional sepanjang tahun 2023 yang mencapai 5,05 persen.

Pada Triwulan IV-2023 pertumbuhan tercatat 5,04 persen (year-on-year/yoy) atau lebih tinggi dari triwulan III-2023 yang tumbuh sebesar 4,94 persen.

“Kalau kita lihat dengan angka ini maka angka kita lebih tinggi dari consensus forecast yang pada waktu itu diperkirakan pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2023 adalah 5,03 persen,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dikutip dari laman resmi Kemenko Perekonomian, Selasa (6/2/2024).

Airlangga mengatakan, capaian positif pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan IV-2023 tersebut ditopang dengan penguatan kinerja sejumlah komponen pada sektor lapangan usaha.

Tercatat, sektor konstruksi mampu tumbuh sebesar 7,68 persen (yoy) dan menjadi kontributor pertumbuhan terbesar kedua setelah industri pengolahan yang memiliki capaian sebesar 4,07 persen (yoy). (***/man)

Editor Yusfreyendi

Loading...