Fathin Juarai Lomba Menulis Jurnalistik 2023 Tingkat Kabupaten Lingga

Loading...

Suarasiber.com – Siswi asal SMA Negeri 1 Singkep, Fathin Azzahra menyingkirkan puluhan peserta lain. Ia pun keluar sebagai Juara I Lomba Menulis Jusrnalistik Tingkat Kabupaten Lingga 2023.

Lomba menulis ini diselenggarakan oleh Forum Jurnalis Muda Lingga (FJML).

Ada 86 peserta, baik dari SMP dan SMA atau setingkat yang mendaftarkan diri. Namun hanya ada 72 orang yang mengirimkan tulisannya.

Fathin tak menyangka jika dirinya berhasil menjadi juaranya.

“Pas tahu kaget, bisa jadi juara satu. Namun di satu sisi bersyukur juga, Alhamdulillah atas prestasi ini,” ucap Fathin, dikutip dari infolingga.net.

Ia pun berharap agar generasi muda di Lingga semangat untuk berkarya dan berprestasi sesuai minat atau passions-nya masing-masing.

Ketua panitia lomba, Ruzi Wiranata mengatakan, tema yang diperlombakan ialah pembangunan, wisata dan sosok pemimpin pilihan.

“Rata-rata tulisan yang masuk ke meja juri keren, sehingga membuat penjurian agak lama dilakukan,” ujarnya, belum lama ini.

Pememang diambil dengan pertimbangan dan penilaian atas kesesuaian tema, unsur 5W1H, nilai berita/tulisan, kelengkapan informasi, dan kesesuaian foto.

Selain itu para juri juga mengoreksi kembali validnya informasi yang ditulis oleh peserta yang terpilih masuk 15 besar.

“Karena ini kompetisi menulis jurnalistik maka penjurian dilakukan selektif dan profesional. Karya 15 besar bahkan kami menghubungi narasumbernya untuk mengecek kebenarannya,” ungkap Ruzi.

Tujuan lomba, selain mencari bibit penulis muda juga bisa sebagai upaya menangkal hoax.(***/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...