KKB Ancam Tembak Pilot Susi Air 1 Juli, Ini Reaksi Panglima TNI

Loading...

Suarasiber.com – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya melontarkan ancaman menembak pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Panglima TNI Laksamada Yudo Margono pun memberikan tanggapannya terhadap ancaman tersebut. Melansir detik.com, Yudo tetap mengutamakan negosiasi untuk membebaskan kapten Philip.

Sebab, kata dia, jika menggunakan kekerasan bersenjata akan berdampak kepada masyarakat. Negosiasi yang dilakukan dengan menempuh jalan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Jumat (30/6/2023), Yudo menerangkan batas waktu negosiasi tak bisa ditentukan. Karena itu, ia memerintahkan Pangkogabwilhan III Letjen TNI Agus Suhardo terus mengupayakan negosiasi.

Saat ini negosiasi mendahulukan para tokoh agama, tokoh masyarakat yang saat ini dijalankan oleh Pak Pj Bupati Nduga.

Mengutip Antara, respons juga diungkapkan Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri soal ancaman penembakan pilot Susi Air.

Ia berharap Egianus tak melakukan ancamannya terhadap pilot pesawat Susi Air yang merupakan WN Selandia Baru. Tindakan kekerasan terhadap Philip Mark Mehrtens akan berdampak luas.

Ancaman yang dilontarkan KKB pimpinan Egianus beredar luas di media sosial. Kapolda Papuan pun siap memenuhi permintaan KKB dengan menyerahkan uang asalkan pilot Susi Air dibebaskan.

Namun dua permintaan KKB jelas tak bisa dikabulkan. Yakni soal merdeka dan senjata. Uang yang diminta pihak Egianus akan diserahkan asalkan pilot Susi Air dibebaskan.

Negosiasi masih terus berjalan, selain tokoh agama dan masyarakat juga melibatkan keluarga Egianus Kogoya.(***/syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...