free page hit counter

PKM Universitas Pamulang, Ajari Anak-anak YASMIN Berkreasi dengan Benang Rajut dan Koran

Loading...

Suarasiber.com – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian.

Tugas seorang mahasiswa/i bukan hanya belajar di kampus, melainkan pengabdian kepada masyarakat juga temasuk tugas seorang mahasiswa/i. PKM merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung kepada masyarakat.

Materi yang diberikan dilanjutkan dengan praktik sehingga memudahkan anak-anak membuat kerajinan tangan. Foto – dok pribadi

Program ini merupakan salah satu program wajib dilaksanakan baik dosen maupun mahasiswa/i melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan mencapai tujuan pembangunan nasional.

Kedatangan anggota pengabdi dari Prodi Akuntansi Universitas Pamulang pada 16 Mei 2022 lalu disambut baik oleh Bapak Rahmat Hidayat S.Pd selaku Ketua Yayasan, beserta pengurus dan santri/santriawati. Sambutan dilaksanakan dengan penampilan hadroh anak-anak yayasan.

Proses pembelajaran kreativitas dilaksanakan dengan suasana gembira. Foto – dok pribadi

Kegiatan ini dibuka oleh salah satu anggota pengabdi yaitu Dida Alvira selaku pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Kelompok, Nur Salimin. Juga sambutan Ketua Yayasan Bapak Rahmat.

PKM ini mengangkat sebuah judul “Membangun Kreativitas dan Produktivitas anak di Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN)”.

Selanjutnya acara inti yaitu penyampaian materi tentang kewirausahaan yang dibawakan oleh Faris Firmansyah selaku anggota pengabdi. Ia menjelaskan tentang konsep dasar kewirausahaan seperti pengertian berwirausaha, contoh dan ciri-ciri berwirausaha serta kewirausahaan sebagai disiplin ilmu.

Penerima doorprize gembira ketika bisa menjawab pertanyaan dari mahasiswa/i pengabdi. Foto – dok pribadi

Setelah penyampaian materi selesai di sana kita melakukan sesi tanya jawab dan doorprize untuk yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Dengan diadakannya doorprize ini anak-anak sangat antusias sekali menjawab pertanyaan dari kami. Setelah itu kami mengadakan praktik membuat kerajinan tangan yaitu hiasan dinding yang terbuat dari benang rajut dan koran.

Semua anak-anak membuat kelompok, masing-masing kelompok 5 orang. Dan ternyata pembuatanya tidak semudah yang ada di video yang sebelumya di putarkan cara pembuatannya.

Kegiatan tetap dapat dipantau oleh dosen pembimbing secara daring. Foto – dok pribadi

Tujuan adanya peraktik kerajinan tangan ini biasa menjadi salah satu contoh dalam berwirausaha, Sebagai hiasan atau benda seni, sebagai barang pakai dalam kehidupan sehari-hari, dan pemanfaatan bahan yang jarang terpakai menjadi bahan yang berguna dan menguntungkan jika dijual.

Tak lupa di sesi akhir acara tim pengabdi mengadakan games agar santri/santriawati tidak jenuh selama pembuatan kerajinan tangan dan pastinya akan didokumentasikan karena dosen pembimbing kami berhalangan hadir yaitu Ibu Mita Sicillia,S.Kom.,M.M kami bertiga foto bersama melalui zoom/google meeting.

Alhamdulillah acara demi acara telah kita lewati bersama setelah ditutupnya acara di lanjut dengan Isoma (Istirahat, Sholat, Makan).

Mahasiswa/i pengabdi memberikan bekal ketrampilan kepada anak-anak YASMIN. Foto – dok pribadi

Melalui kegiatan PMKM ini kami selaku mahasiswa/i mengharapkan santri/santriawati dapat memahami materi yang diberikan dan bermanfaat dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehair-hari saat ini atau masa yang akan datang. (Dida Alvira)

Loading...