Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak di Dada

Loading...

Suarasiber.com – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak oleh seorang pria di Nara, Jumat (8/7/2022).

Pelaku merupakan laki-laki berusia 40-an tahun bernama Yamagami Tetsuya, menurut laporan media lokal, NHK.

Abe ditembak dalam acara kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi. Seorang perempuan yang melihat aksi ini mengatakan saat tembakan pertama Abe tak mengalami apa-apa.

Namun saat tembakan kedua, saksi melihat percikan dan asap. Mantan perdana menteri Jepang itu juga terlihat sudah jatuh tidak sadarkan diri dan mengalami pendarahan.

Melihat kondisi itu orang mengerumuni Abe dan ada yang memberikan pijatan.

Sementara itu, seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, mengatakan kepada kantor berita Jiji, Abe, pingsan dan mengalami pendarahan di leher.

Walau begitu, baik LDP maupun polisi setempat tidak dapat segera mengkonfirmasi kesaksian tersebut.

Media NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe mengalami henti jantung – istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi resmi kematian oleh koroner.

Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang, mengundurkan diri pada tahun 2020 dengan alasan kesehatan. Abe kemudian mengungkapkan bahwa dia menderita penyakit usus kolitis ulseratif kambuhan.

Setelah mundur, Abe digantikan oleh sekutu dekatnya Yoshihide Suga, yang kemudian digantikan oleh Fumio Kishida. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...