ICW Sebut Anggaran Dana Desa Paling Banyak Dikorup Tahun 2021

Loading...

Suarasiber.com – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Lalola Easter menyampaikan kasus tindak pidana korupsi pada tahun 2021 terbanyak ditemukan pada anggaran dana desa.

Pada tahun tersebut, ada sekitar 154 yang ditangani kasus penegak hukum di Indonesia.

“Memang rentan terjadi di sektor tersebut karena anggaran dana desa jumlahnya besar,” ungkap Lola dilihat dari kanal YouTube ICW, Rabu (20/4/2022).

Penyampaian laporan ini dimoderatori oleh Kurnia Ramadhana.

Video ini diunggah pada 18 April 2022 dengan judul Peluncuran Laporan Tren Penindakan Korupsi 2021.

ICW pun mendorong pemerintah dan aparat penegak hukum memantau, mengontrol serta mengevaluasi secara ketat terhadap penggunaan anggaran dana desa.

Kenyataan ini, sebut Lola, menjadikan pemerintahan desa merupakan lembaga dengan kasus korupsi terbanyak yang ditangani oleh aparat penegek hukum di tahun 2021.

Dari 154 kasus pada tahun itu, jumlah tersangkanya 245 orang dengan potensi kerugian negara mencapai Rp233 miliar.

Terjadi kenaikan jumlah tersangka dari tahun 2020. Pada 2020 lalu, ada 129 kasus yang melibatkan 172 tersangka.

Tujuan pelaporan ini, kata Lola, salah satunya membandingkan tren penindakan kasus korupsi pada tahun 2021 dengan lima tahun sebelumnya.

Ditegaskan juga olehnya, pemantauan yang dilakukan ICW juga mengandung keterbatasan karena sumbar data yang diperoleh sebagian besar dari sumber sekunder.

“Karena informasi di laman setiap institusi sangat terbatas, maka kami harus mencari alternatif cara pencarian data melalui pemberitaan media,” imbuhnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...