Ketua Hipmikimdo Tanjungpinang Apresiasi Langkah Gubernur Kepri Ansar Ahmad

Loading...

Suarasiber.com – Ketua DPC Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Tanjungpinang, Juma Aris mengapresiasi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Hal ini terkait pelantikan pengurus PAC Hipmikimdo se-Kabupaten Karimun oleh Ansar di Karimun belum lama ini. Menurut penilaian Aris, keran itu sudah dibuka maka tinggal bagaimana Hipmikimdo di seluruh kabupaten dan kota memanfaatknya.

“Meski kami ada di Tanjungpinang, namun apa yang dilakukan Pak Gubernur sangat luar biasa,” ujar Aris kepada suarasiber.com.

Dengan pelantikan itu, Gubernur Ansar sedikit banyak tahu tentang sepak terjang Hipmikimdo di Kepri. Apalagi pelaku UMUM di provinsi ini cukup banyak.

Sebagai catatan, berdasarkan data yang diperolehnya di lapangan, ada 600 UMKM yang menjadi anggota Hipmikimdo Tanjungpinang. Jenisnya beragam, dari kuliner, jasa, jualan online dan sebagainya.

“Peluang emas sudah dibuka oleh kepala daerah, dalam hal ini Gubernur. Semoga pemerintah juga terus memberikan arahan kepada kami,” tutur Aris.

Seperti diberitakan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad melantik PAC Hipmikimdo se-Karimun di Gedung Nasional, Kabupaten Karimun, Sabtu (4/12/2021).

PAC yang pengurusnya dilantik meliputi PAC Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral Barat dan Kecamatan Belat untuk masa bakti 2021-2026.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap dengan dilantiknya pengurus Hipmikimdo di 5 kecamatan di seluruh Karimun ini menjadi semangat baru bagi para pelaku UMKM yang ada.

Terutama dalam upaya mewujudkan UMKM yang terlatih, terkoordinir dan lebih maju lagi. Sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.

“Saya yakin, ini pertanda awal kebangkitan UMKM di Karimun kedepan, saya yakin sekali,” kata Ansar.

Menurut Ansar UMKM merupakan penopang ekonomi utama di Indonesia di sektor kerakyatan. Dan bahkan UMKM adalah penyumbang terbesar bagi PDRB setiap tahunnya, dengan total sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia.

“UMKM ini diistilahkan dengan ‘sleeping giant’. Jika dikembangkan akan menjadi sektor penggerak perekonomian yang luar biasa. Dan melalui Hipmikimdo kita berharap UMKM ini bisa bangkit atau dibangkitkan lagi,” ujar Ansar.

Bahkan ditegaskan lagi oleh Ansar bahwa kontribusi UMKM di Indonesia sangat luar biasa dalam penyerapan tenaga kerja, karena mampu menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja yang ada.

UMKM diharapkan mampu menjaga peluang dan selalu mengikuti perkembangan, terutama dalam hal upaya memasarkan produk yang dimiliki. Yakni dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era industri 4.0 ini. (eko)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...