Gubernur Kepri dan Pemakalah Asing Jadi Narasumber Seminar Bulan Bahasa dan Sastra 2021

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad membuka sekaligus menjadi pemakalah utama dalam acara Seminar Nasional Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2021.

Seminar nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini juga mengundang pemakalah dari Tiongkok dan Amerika Serikat, berlangsung Kamis (7/10/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aston Tanjungpinang, dan Gubernur Ansar membukanya melalui virtual dari kantornya, Dompak, Tanjungpinang.

Pertama sekali, Ansar meminta peserta seminar mengikutinya dengan serius.

“Gunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam berbagai kegiatan publik dan formal. Itulah substansi pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat dalam kesempatan ini,” ujarnya.

Ansar menyebut, penggunaan bahasa yang baik juga diatur dalam Perpres nomor 64 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa.

Ia mengajak kita bersyukur memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Karena banyak negara yang tidak memiki bahasa persatuan seperti kita.

Sementara

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau Asep Juanda mengatakan pemakalah utama dan pendamping dalam kegiatan ini merupakan para pakar dari berbagai kalangan.

Selain Gubernur Kepulauan Riau, panitia juga menghadirkan pakar  pemakalah dari Tiongkok dan Amerika Serikat.

Seakan mengulangi apa yang disampaikan Gubernur Ansar, Asep mengingatkan tidak semua negara memiliki bahasa persatuan, tetapi kita punya.

“Terdapat
718 bahasa daerah di Indonesia, dan semuanya telah disatukan dengan bahasa Indonesia. Ini harus kita jaga dan lestarikan,” ajak dia. (man)

Loading...