Gerak Langkah Syahrul – Rahma dan Perjalanan Rahma – Endang Melanjutkan Pembangunan (21-9-2018 sd 21-9-2021)

Loading...

Suarasiber.com – Tiga tahun sudah Hj Rahma SIP mewarnai pembangunan Kota Tanjungpinang sejak 2 September 2018 hingga hari ini, 21 September 2021. Berbagai peristiwa turut menyertai perjalanan tersebut.

Publik tentu masih ingat, H. Syahrul dan Hj. Rahma sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih periode 2018-2023, dilantik oleh Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun, tiga tahun silam di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Lalu mulailah Rahma belajar untuk mengelola sebuah pemerintahan dari H Syahrul yang dipanggilnya Ayah. Keseriusan pasangan ini sudah ditunjukkan saat pelantikan baru saja usai.

“Insya Allah setelah dilakukan serah terima jabatan, kita akan lakukan koordinasi dengan seluruh OPD untuk membahas sinergitas program kami pada anggaran yang ada,” jelas H Syahrul kepada wartawan.

Perjalanan bersama ini berakhir karena Allah berkehendak lain. Pada hari Selasa, 28 April 2020 Wali Kota H Syahrul meninggal dunia setelah dirawat sejak 11 April 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang.

Berbekal pengalamannya saat bersama H Syahrul, akhirnya Rahma menokhadai Pemkot Tanjungpinang sendiri. Hingga akhirnya status Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungpinang ditanggalkannya pada tanggal 18 September 2020.

Hj Rahma SIP dilantik oleh Gubernur Kepri, Isdianto menjadi wali kota definitif. Ketangguhan, keberanian, ketegasan dan kreativitas Rahma pun diuji. Berbagai suara berseliweran. Kritik, saran, masukan dan semacamnya menjadi sarapan pagi sehari-hari bagi wanita yang dikenal tangguh ini.

Jalan untuk mendapatkan wakil juga berliku. Namun Rahma melangkah dengan tujuan membangun Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dan Wakilnya Endang Abdullah. meresmikan Gedung Melati dan Instalasi Anyelir, bertempat di jalan Rumah sakit, Jumat (17/9/2021). Foto – istimewa

Kesendiriannya sebagai Wali Kota Tanjungpinang pun berakhir karena sesuai aturan ia harus memiliki wakil agar roda pemerintahan di Pemkot Tanjungpinang berputar lebih kencang.

Dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad melantik Wakil Wali Kota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 Endang Abdullah di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin, 28 Juni 2021.

Rahma telah melewati periode yang unik. Dilantik oleh tiga gubernur yang berbeda. Dan ia belajar dari setiap langkah dan kebijakannya.

Tiga tahun gerak langkah Syahrul-Rahma, dan perjalanan Rahma – Endang dalam melanjutkan pembangunan Kota Tanjungpinang turut menghasilkan capaian keberhasilan dan telah menciptakan berbagai inovasi untuk kemajuan Kota Tanjungpinang,

Tentu mereka tidak sendiri, namun berjalan dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah-nya. Dengan menjalankan visi “Tanjungpinang Sebagai Kota Yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera Dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”.

Kini, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP bersama Wakil Wali Kota Endang Abdullah SKp MSi, sisa masa jabatan 2018-2023 melanjutkan visi kepemimpinan pasangan Syahrul – Rahma.

Tantangan terbesar Rahma – Endang memimpin di tengah situasi Pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia termasuk Tanjungpinang. Dampak pandemi dirasakan pada segala sektor, baik dari segi ekonomi, pembangunan, pariwisata, juga pendidikan, tetapi Rahma – Endang terus bekerja, berinovasi, dan berbuat maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang dengan tetap fokus pada percepatan penanganan covid-19.

Meski demikian, program prioritas untuk kepentingan masyarakat banyak secara bertahap dijalankan walaupun dengan keterbatasan anggaran yang dikarenakan Pemerintah Daerah harus merelokasi atau mengalihkan anggaran untuk penanganan covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Loading...