Anugerah Parahita Ekapraya Diterima Tanjungpinang Setelah Penantian 10 Tahun

Loading...

Suarasiber.com – Upaya dan kerja keras berbuah hasil. Kota Tanjungpinang untuk kali pertama berhasil mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama setelah menanti 10 tahun.

Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diserahkan pada 23 September 2021 lalu.

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Tanjungpinang mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Kota yang berhasil mewujudkan kesetaraan gender secara berkelanjutan dengan cara menerapkan strategi pengarustamaan gender,” ujar Rahma, Jumat (24/9/2021).

Rahma menambahkan, APE diberikan sebagai bentuk penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen Pemerintah Daerah yang serius menangani kesetaraan gender.

Peghargaan kali ini, Kota Tanjungpinang mendapatkannya bersama 58 kabupaten dan kota se-Indonesia.

Pemberian penghargaan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021.

“Bersama Kota Tanjungpinang terdapat 308 dari Kementerian, lembaga serta Pemerintah daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori yaitu pratama, madya, utama dan mentor,” jelas Rahma.

Penghargaan APE terakhir kali diterima Kota Tanjungpinang pada 2011 silam dengan kategori pratama hingga madya. Kemudian 2011 meraih peringkat Pratama.

Kemudian pada 2012 – 2014 peringkat Madya. Barulah pada 2016 kembali meraih peringkat Pratama namun 2018 kembali ke Madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Rustam S.KM, M.Si menyampaikan, penilaian APE yang diraih selama ini didasari pada 7 unsur prasyarat Pengarus Utamaan Gender (PUG).

“Yaitu Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber daya manusia dan anggaran, Data sistem informasi dan KIE, pedoman dan metode, serta peran serta masyarakat,” sebutnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Tanjungpinang untuk meraih APE Utama ialah komitmen kepala daerah terhadap pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan kota Tanjungpinang.

Selain itu juga menjalin kerja sama dengan kemitraan seperti tenaga Akademisi, Badan usaha dan lembaga masyarakat yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah, serta menyusun strategi PPRG kota Tanjungpinang. (ztr)

Loading...