Mas… Mas… Mas… Pakai Sarung Tangan Dahulu!

Loading...

Suarasiberdotcom – Salah satu syarat bagi warga mencoblos di Pilkada 2020 yang dilaksanakan hari ini ialah mengenakan sarung tangan. Tak heran jika warga yang datang selalu diingatkan.

Seperti pantauan suarasiber di TPS 28 RT002 RW VII Kampung Bangunrejo, Tanjungpinang Timur, perygas yang ada di lokasi ini tak henti mengingatkan.

“Mas… Mas…Mas… Silakan pakai sarung tangannya,” ujar salah satu petugas TPS, Widodo.

Hal serupa juga dilakukan oleh dua petugas lainnya, Ariyantono Hedi dan Abu. Seorang warga yang masuk untuk meminta surat suara dipersilakan untuk mengambil sarung tangan.

Petugas sudah menyediakan sarung tangan dalam kotak di samping pintu masuk TPS yang mengambil tempat di sebuah Sekolah Dasar ini.

Sejak datang, warga menyerahkan undangan kepada petugas. Namun sebelumnya diminta untuk mencuci tangan di teras TPS. Berikutnya mereka akan dicek suhu tubuhnya menggunakan thermogun.

Setelah tandatangan dan menyerahkan undangan, karena saat itu masih pagi dan tak ada antrean, warga masuk, mengenakan sarung tangan di tangan kanan, mengambil surat suara, menuju bilik, memasukkan surat suara ke kotak dan keluar.

Petugas dekat pintu keluar akan meneteskan tinta ke salah satu jari warga usai mencoblos. Foto – suarasiber

Di ujung pintu keluar, seorang petugas akan menteteskan tinta ke salah satu jari kiri.

“Sarung tangan di tangan kanan karena dipakai untuk memegang paku di bilik suara,” ujar petugas.

Para petugas di TPS ini semuanya mengenakan sarung tangan, masker serta faceshield.

Di TPS lain, calon pemilih juga menerapkan protokol kesehatan. Seperti di TPS 005 Kelurahan Seijang, semua aturan wajib dijalani.

Di sini coblosan selesai jam 13.00 WIB, sudah dimulai pada 07.00 WIB. Ketua KPPS Feby Rionaldo bersyukur kegiatan lancar.

“Tidak ada pemilih, petugas KPPS, pengawas dan para saksi paslon yang reaktif Covid-19,” ujarnya saat coblosan selesai dilakukan.

Suasana coblosan di TPS 005 Kelurahan Seijang, juga memperketak protokol kesehatan bagi pemilih. Foto – suarasiber

Sama dengan di TPS 028 Bangun Rejo, di TPS 005 Seijang warga wajib mencuci tangan sebelum memasukin area TPS.

Petugas mengamati apakah warga memakai masker atau tidak. Bagi yang lupa membawa diberi oleh petugas.

Syarat lain seperti sarung tangan plastik dan menjaga jarak terus diingatkan.

Ada juga bilik khusus yang disediakan jika ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius. Ada petugas berpakaian hazmat yang siap melayani.

Sementara itu, Gubernur Isdianto mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun.

“Di setiap TPS sudah disiapkan alat kesehatan untuk prokes. Maka, tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak datang ke TPS menentukan hak pilih,” harapnya, Selasa (8/12/2020).

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah memberikan hak pilih suaranya di TPS 20, Kelurahan Sei Jang, Kota Tanjungpinang.

“Pak Gubernur akan memilih di Karimun besok, sedangkan saya di Tanjungpinang sekitar jam 8 pagi,” ujarnya. (eko)

Video suasana coblosan di TPS 28 Kampung Bangunrejo, Tanjungpinang Timur:

Loading...