Google Doodle Hari Ini, Edisi Spesial Ultah Google ke-22

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Google Doodle hari ini selalu menarik bagi sebagian orang. Karena dengan melihatnya kita mengetahui hari-hari atau peristiwa bersejarah di seluruh dunia.

Hari ini perusahaan raksasa Google merayakan ulang tahun ke-22. Coba saja kalian buka halaman depan Google, akan tampak Google Doodle yang spesial.

Dilihat suarasiber, Minggu (27/9/2020) Google Doodle hari ini menunjukkan huruf G berwana biru mengenakan topi ulang tahun berwarna cokelat dengan rumbai di ujungnya.

Sang huruf G juga menghadapi laptop, sementara di depannya ada potongan kue ulang tahun berwarna merah muda dan tua. Masih ada garpu menancap di atas potongan kue tadi.

Lalu ada kotak serta bingisan ulang tahun. Huruf G berseru kepada huruf OO, G, L dan E. Jika dirangkai semua huruf tadi membentuk kata Google.

Semuanya menggunakan warna yang berbeda. O pertama warna cokelat sama dengan E, O kedua kuning tua, sementara G huruf keempat warnanya sama dengan G pertama biru. Yang lucu huruf L-nya yang asyik meniupkan terompet ulang tahun.

Google Hasil Salah Ketik

Dari informasi yang ditulis Business Insider, kata Google sendiri bukan berasal dari satu kata pun. Karena kata ini ternyata hasil salah ketik.

Kelahiran Google berawal dari proyek dua mahasiswa pascasarjana di Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin. Pada tahun 1996 itu, mereka menciptakan mesin pencari yang diberi nama “BackRub”. Mesin ini dioperasikan melalui server di kampus mereka.

Merasa nama itu kurang pas, pada 1997 Larry berniat mengubahnya dengan nama lain yang lebih familiar.

Tak ingin memutuskan nama sendiri, Larry ngobrol dan diskusi dengan teman-temannya sesama mahasiswa untuk minta masukan. Salah satu temannya, Sean Anderson mengusulkan nama “Googol”.

Googol sendiri istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi sang mesin pencari sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Untuk memastikannya, Sean kemudian mencari apakah domain “Googol.com” sudah dipergunakan orang lain atau belum. Niatnya sih mengetik Googol, ternyata Sean salah mengetikkannya menjadi Google.

Entah mengapa Larry justru suka dengan kata Google yang diketik Sean. Dan domain Google.com pun belum dipakai orang atau pihak lain.

Halaman Awal Sederhana

Meski Google Doodle hari ini banyak warna karena berulang tahun, namun halaman pertama mesin pencari ini tetap bersih.

Tak banyak pernak-pernik selain kata Google dan kotak pencarian di bawahnya. Untuk memberikan aksesoris, Google tidak menampilkan banyak gambar. Yang dimainkan adalah bagian atas atau disebut Google Doodle.

Google Doodle sendiri selalu dinamis, diganti sesuai dengan momen bersejarah. Misalnya ulang tahun emerdekaan RI, Google Doodle akan menampilkan gambar khas kemerdekaan.

Halaman muka Google memang tampil bersih sejak kali pertama beroperasi. Alasannya, sang pendiri rupanya tidak menguasai bahasa pemrograman HTML.

Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Dengan alasan itulah kalau kita lihat sampai sekarang penampilannya sangat sederhana.

Menggunakannya pun gampang, orang awam yang hanya bermodal ponsel dengan koneksi internet pun bisa melakukannya. Tinggal ketika kata kunci lalu tekan enter, maka hasil pencarian otomatis keluar. (mat)

Loading...