free page hit counter

Tips Hidup Sehat dan Cara Mudah untuk Awet Muda

SUARASIBER – Tips hidup sehat merupakan salah satu upaya untuk membuat hidup lebih sehat, menyenangkan, dan membuat awet muda. Ada yang berusaha keras menurunkan berat badan dengan diet keras.

Tak sedikit juga yang berusaha menaikkan berat badan dengan mengonsumsi segala makanan. Semua dilakukan dengan harapan bisa hidup sehat. Di samping tujuan lainnya, yakni membentuk tubuh jadi terlihat indah.

Ketika semua usaha keras itu tidak membuahkan hasil maksimal, yang diperoleh justru stres. Padahal, stres adalah sesuatu yang harus dihindarkan. Agar, hidup menjadi lebih sehat.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, agar tujuan kita untuk menjalani hidup dengan sehat. Mengurangi berat badan atau menambahnya, tidak termasuk di dalamnya.

Karena, selain makanan, dan gaya hidup, faktor genetika berperan besar membentuk tubuh seseorang. Jadi, dari pada susah payah menurunkan atau menaikkan berat tubuh, lebih baik menjalani cara hidup sehat.

vitamin-kesehatan-tubuh-3

Tidak ada yang lebih penting di dalam kehidupan kita, selain sehat. Dengan hidup yang sehat, dan menyenangkan akan membuat kita awet muda.

Untuk itu mari kita mulai menjalani hidup sehat dengan beberapa cara ini. Tidak banyak, dan sangat mudah melaksanakan tips hidup sehat.

Jangan Takut Stres

Stres atau gangguan mental akibat tekanan atau beban pikiran yang muncul karena berbagai sebab, tidak perlu ditakuti. Sebab, hidup kita tidak mungkin lepas dari masalah.

Bisa masalah dari rumah, lingkungan kerja, sekolah hingga dari pergaulan sehari-hari. Akibat stres bisa beragam. Ada yang emosinya mudah tersulut, dan tak sedikit yang menjadi penggugup.

Bahkan, tak sedikit yang melarikan diri ke alkohol atau ke obat terlarang. Sangat menyiksa, dan membuat segalanya menjadi buruk.

Itu sebabnya, di tips hidup sehat ini, stres ditempatkan di nomor satu. Bukan untuk dilawan tapi untuk diminimalkan.

Terdapat sejumlah cara mudah untuk meminimalkan stres. Antara lain, carilah teman yang pandai menyimpan rahasia. Jumpai dan jadikan dia sebagai pendengar.

Baca Juga:

Provinsi Kepri Merdeka Tanggal 29 Desember 1949

Beli Tas Wanita Terbaru, Pilih Sepatu Harga Rp74K

Isdianto Kunjungi Korban Meledaknya RoRo Sembilang

Setahun Sudah Bawaslu Tanjungpinang Kawal Pemilu

Untuk mendengarkan segala keluhan yang ada. Dengan melepaskan segala keluh kesah di hati, sebagian tekanan atau stres bisa berkurang.

Cara lainnya, adalah dengan mengerjakan sesuatu yang menjadi hobi. Bagi yang hobi bernyanyi, menyanyilah. Kalau hobi memancing, memancinglah. Lakukan hobi agar menjadi rileks.

Langkah lain untuk meminimalkan stres, adalah bersukur kepada Sang Pencipta. Bersukur memiliki panca indra yang lengkap, punya kehidupan yang baik, dan layak serta banyak sukur lainnya.

Lihat ke sekeliling, dan lihat ke bawah, ada banyak yang hidupnya mungkin kurang beruntung. Sehingga timbul rasa sukur. Dengan rasa sukur yang kuat, apapun masalah akan bisa dihadapi dengan tenang.

Jika dengan cara itu masih tetap stres, jumpai psikiater. Jangan jumpai alkohol dan obat terlarang. Karena, dampaknya pasti akan lebih stres.

Makan yang Seimbang

pola makan sehat

Selain mampu menghadapi, dan meminimalkan stres mulailah mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh. Agar, tubuh tetap bugar, tak mudah sakit, dan penuh gairah menjalani kehidupan.

Tentunya asupan makanan yang akan dikonsumsi harus seimbang gizinya. Ada protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin serta mineral yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tidak perlu berlebihan, dan usahakan berhenti sebelum kenyang. Lakukan secara rutin, dan menjadikannya sebagai pola makan sehat.

Asupan makanan dengan gizi yang seimbang akan membuat tubuh selalu sehat. Lengkapi menu makanan tersebut dengan makanan yang mengandung serat. Yang diperlukan untuk pencernaan di perut. Sekaligus menjadi vitamin kesehatan tubuh.

Mengonsumsi Asupan yang Natural

Kondisi tubuh kita akan terkait erat dengan asupan makanan, dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Karenanya, sejatinya asupan ini harus jadi perhatian pokok bagi kita semua.

Perhatikan agar mulai saat ini tak lagi mengonsumsi segala makanan, dan minuman yang berpengawet. Teliti juga produk yang dimakan, dan diminum sudah bersih dari segala sisa pestisida, pupuk kimia, dan sejenisnya.

Usahakan untuk mengonsumsi bahan konsumsi yang natural, yang alami, bebas pengawet, dan penyedap rasa. Termasuk asupan yang ditambah dengan pemanis buatan. Akan lebih baik menggantinya dengan minuman kesehatan.

Hindari juga mengonsumsi minuman beralkohol, dan pantangkan obat-obatan terlarang. Kebiasaan merokok juga harus dihentikan, dan yang belum merokok, segera pantangkan.

Batasi Mengonsumsi Gula

minuman kesehatan

Siapa yang tak suka rasa manis? Umumnya akan menjawab suka, karena memang enak di lidah. Apalagi, gula juga menjadi cadangan energi di tubuh.

Namun, perlu diingat, ada banyak dampak buruk. Jika gula yang jadi cadangan energi itu tidak terpakai alias menumpuk di tubuh.

Dampak buruk itu, antara lain munculnya lemak di lingkar perut, pinggul, dan pinggang. Kemudian, timbulnya karang gigi, dan berpotensi merusak hati.

Selanjutnya, bikin perut selalu terasa lapar, dan ingin makan. Kelebihan gula di tubuh juga membuat fungsi jantung terganggu, obesitas alias kegemukan, dan pemicu munculnya darah tinggi.

Satu dampak buruk yang sangat dikenal dari kelebihan gula, adalah terganggunya fungsi hormon insulin di tubuh. Akibatnya, diabetes pun muncul.

Dengan begitu banyaknya dampak buruk kelebihan asupan gula, maka sebaiknya asupan gula di tubuh harus segera dibatasi. Atasi selera untuk tubuh sehat, awet muda, dan panjang umur. Mau, kan mulai mengurangi gula sebagai bagian dari tips hidup sehat.

Bakar Lemak dengan Olahraga

Gaya hidup moderen yang memanjakan fisik punya dua sisi yang bertolak belakang. Di satu sisi memudahkan segala urusan, dan membuat hidup lebih nyaman.

Di lain sisi, kenyamanan itu membuat olah gerak fisik yang membuat tubuh berkeringat jadi berkurang. Dampaknya, tubuh mudah membesar karena timbunan lemak.

Sejumlah orang mengatasi timbunan lemak dengan segala macam diet. Namun, yang terbaik adalah membakar lemak itu dengan berolahraga secara rutin.

Sebab, dengan olahraga teratur sekaligus membuat kesehatan otot, dan tulang ikut terjaga. Apalagi dalam seminggu hanya disarankan dua setengah jam saja, untuk berolahraga.

Artinya dalam seminggu hanya perlu menyediakan waktu sekitar 20 menit saja, untuk berolahraga. Dan, bisa dilakukan di mana saja.

Cukup Tidur

Berkembangnya teknologi yang membuat malam bisa seperti terasa siang, acap melenakan banyak orang. Masa yang harusnya digunakan untuk tidur, beralih menjadi masa untuk mencari hiburan.

Jika dilakukan sesekali mungkin tidak menjadi masalah. Namun, jika dilakukan rutin akan berdampak pada jam biologis tubuh.

Padahal tidur malam yang berkualitas sangat diperlukan tubuh. Bukan hanya sebatas untuk beristirahat, tapi juga untuk membangun, dan memerbaiki sel tubuh. Agar, tubuh selalu sehat, bugar, dan awet muda. Itu beberapa langkah mudah tips hidup sehat. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •