Dari Pamer Bojo hingga Bohemian Rhapsody di Nuansa Gitar Bergema

Loading...

YOGYAKARTA (suarasiber) – Nuansa Gitar Bergema #4 di Auditorium Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta atau SMKN 2 Kasihan Bantul pada hari Jumat (25/10/2019) malam menghadirkan beragam lagu. Penonton konser pun tak beranjak selama dua jam, menikmati permainan para pelajar.

nuansa gitar bergema 2019 2
Andi Nusantara (bawah) seorang guru gitar di SMKN 2 Kasihan Bantul ikut bermain bersama para siswa. Foto – smm yogya

Sebelum acara dimulai, Kepala SMKN 2 Kasihan Bantul, Agus Suranto, S. Pd., M. Sn mengatakan jika penampilan siswanya malam itu merupakan teaching factory. Sistem ini mennjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan industri.

Sementara Pelindung Nuansa Gitar Bergema #4, Andi Nusantara S.Sn memberikan kata pengantar singkat. Ia mengajak penonton konser yang beragam profesi dari berbagai daerah di Indonesia untuk menikmati permainan gitar klasik.

Selama sekitar dua jam, para siswa sekolah musik ini membawakan Start (Depapepe), Zona Nyaman (Fourtwenty), Siapkah Kau Tak Jatuh Cinta Lagi (HIVI), Ada Untukmu (Tiyok Satrio), Conviction (Tohpati), Kugadaikan Cintaku (Gombloh), Pamer Bojo (Didi Kempot) dan Tobo Mburi (Ndarboy Genk), Bohemian Rhapsody (Queen) dan Sky Full of Stars (Coldplay).

nuansa gitar bergema 2019 3
Belajar merancang dan mengelola serta melakukan sebuah konser musik sendiri. Foto – smm yogya

Diantara penampilan gitar klasik dari para siswa, penonton konser juga disuguhi permainan gitar bintang tamu, para alumnus SMKN 2 Kasihan Bantul.

Seluruh lagu diaransemen ulang oleh para siswa sendiri, juga konduktornya. Konser yang mengusung tema A Night with Genjreng FM ini menggali konsep seperti siaran radio. Hostnya membacakan request lagu dari penonton yang dikirimkan melalui medsos untuk ditampilkan.

Selain siswa dari jurusan alat musik gitar, juga dibantu siswa dari jurusan lain seperti perkusi, bass, woodwind, keyboard.

Seorang siswa SMKN 2 Kasihan Bantul yang berasal dari Malaysia, Sumardi atau akrab dipanggil Ben, mengaku bermain di hadapan banyak orang menambah percaya diri.

nuansa gitar bergema 2019 4
Meski sekolahnya musik, pelajaran umum juga harus tetap dijalani. Foto – smm yogya

“Tak salah saya jauh-jauh sekolah di sini,” ujar Ben yang bercita-cita menjadi guru musik ini.

Pengalaman baru juga didapatkan Rini dan Ines, dua pegawai di sebuah kantor pemerintahan di Pulau Bintan yang kebetulan ada kegiatan di Yogyakarta. Ketika mengetahui ada konser gitar klasik, mereka mencari informasi kemudian membeli tiketnya.

Kebetulan Nuansa Gitar Bergema dilaksanakan malam hari, jadi tidak mengganggu kegiatan dinas mereka. Baik Rini maupun Ines mengatakan kagum dengan penampilan siswa SMKN 2 Kasihan Bantul dengan teknik bermain gitar klasiknya.

Acara ini mendapat dukungan dari sejumlah media, yakni suarasiber.com: Situs Berita Zaman Now, 106,1 FM Geronimo, Event Yogyakarta dan Jogja Headline.

nuansa gitar bergema 5
Permainan gitar klasik yang dikemas dalam sebuah orkestra. Foto – smm yogya

Pemimpin Redaksi suarasiber.com. Sigit Rachmat mengatakan, ia terbuka dengan segala kegiatan anak muda yang kreatif, positif dan inovatif.

“Acara ini (Nuansa Musik Bergema) di Yogyakarta, kami di Tanjungpinang, Kepri, tetap kami dukung. Bagi siapa saja anak muda yang butuh publikasi untuk acaranya di mana pun berada, silahkan hubungi kami,” tuturnya. (man)

Loading...